Acara Defence Discussion Group (DDG) atau Diskusi Pertahanan T.A. 2012.

Minggu, 2 September 2012

Selasa, 4 September 2012, Badiklat Kemhan menyelenggarakan Acara Defence Discussion Group (DDG) atau Diskusi Pertahanan T.A. 2012 di Jalan Salemba Raya No. 14 Jakarta Pusat. Diskusi tahun ini mengangkat tema “Membangun Diklat berbasis Kompetensi”. Acara dibuka oleh Marsma TNI Djoko Setiono, S.AP., M.M Ses Badiklat Kemhan mewakili Kabadiklat Kemhan.

Peserta Diskusi diikuti 57orang terdiri atas para pejabat di lingkungan Kementerian dan Lembaga Pemerintah non Kementerian, pejabat eselon II dan III/Setingkat Kemhan, pejabat Setingkat Marsma/Kolonel Mabes TNI dan Angkatan yang membidangi pembinaan Diklat Aparatur.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB, dalam sambutan Kabadiklat Kemhan yang dibacakan Ses Badiklat Kemhan mengatakan bahwa Badiklat Kemhan adalah unsur pendukung tugas dan fungsi Kementerian Pertahanan dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang Manajemen Pertahanan, bidang Bahasa dan bidang Teknis Fungsional Pertahanan, Diklat tsb. Diselenggarakan dalam upaya meningkatkan kualitas personel pertahanan dalam rangka mendukung Grand Strategi Kementerian Pertahanan.

Kualitas sumber daya manusia (SDM) yang menjadi penentu keberhasilan dari sebuah organisasi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya salah satu upaya dalam mewujudkan keberhasilan tsb adalah melalui Diklat sesuai dengan kebutuhan organisasi. Selain memiliki peranan penting dalam upaya menjawab sistem, diklat juga merupakan metode pembinaan untuk meningkatkan kompetensi bagi personel yang telah dan akan menduduki jabatan ssesuai kebutuhan organisasi.

Dari pemahaman tsb maka dalam penyelenggaraan diklat hendaknya tertata dalam system teritegrasi antara rumusan rencana pembinaan SDM dengan rencana penyelenggaraan diklat bidang pertahanan. Diharapkan lulusan diklat yang dihasilkan selain memiliki kualitas pengetahuan dan keterampilan sesuai kompetensinya juga mampu mendukung tugas pokok organisasi. Untuk memperoleh kualitas hasil didik yang diharapkan tsb maka Badiklat Kemhan perlu menyelenggarakan diskusi dengan tujuan untuk mendapatkan saran dan masukan dalam merumuskan rencana program diklat berbasis kompetensi yang diselenggarakan oleh Badiklat Kemhan maupun lembaga diklat yang berada di lingkungan Mabes TNI dan Angkatan.

Sasaran dari pelaksanaan diskusi ini adalah Pertama, tersusunnya program diklat unggulan yang dirancang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Kedua, meningkatnya (Soft Competency thinking, relating dan working skills) hasil diklat sesuai kebutuhan orgnisasi. Ketiga, teratasinya kesenjangan antara kompetensi dengan jabatan yang dimiliki untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional sesuai dengan tuntutan jabatannya.

Sebagai nara sumber adalah Asisten Deputi Pengembangan SDM Aparatur Kemen PAN & RB Bapak Sunarko dan Kadit P3A LAN RI  DR. Ridwan Rajab, M.si.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia