Métro, ModaTransportasi Paris Métropole

Senin, 17 Desember 2012

MétroParis memiliki banyak sekali transportasi massal (Mass Rapid Transport), baik antar kota seperti TGV maupun transportasi yang khusus beroperasi di ibu kota saja. Moda transportasi ini kenal dengan Métro, jalur ini merupakan jalur subway, yang dibuat beberapa lapis di bawah kota Paris.

Jalur pertama diresmikan pada tahun 1900, sistem ini diperluas secara cepat hingga awal Perang Dunia I.Saat ini Métro telah mengangkut sekitar 4.5 juta penumpang per hari (1.365 miliar untuk tahun 2005), menjadi stasiun Métro tersibuk kedua di Eropa setelah Moscow Métro. Stasiun Métro-RER, Châtelet-Les Halles merupakan stasiun terbesar di jaringan itu dan juga stasiun kereta bawah tanah terbesar di dunia.

Perusahaan yang mengoperasikan beberapa jaringan disebut sebagai Compagnie du chemin de fer métropolitain de Paris. Namun sekarang, Métro dioperasikan oleh Régie autonome des transports parisiens (RATP), sebuah otoritas transportasi publik yang juga mengoperasikan jaringan RER, layanan bus dan jalur kereta api kecil.

Métro.berangkat pukul 5 pagi hingga 1 pagi setiap hari sepanjang tahun pada setiap stasiun di jaringan itu. Kereta terakhir, sering disebut “penyapu” karena mengangkut penumpang yang tersisa.Selama acara khusus, seperti PerayaanTahun Baru Fête de la Musique atau Nuit Blanche , jaringan ini buka sepanjang malam.

Kontributor :Subpok Prancis/Kpt. Krisna S.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia