Hallyu…

Selasa, 19 Februari 2013

korsel.jpgDunia hiburan saat ini sedang dibanjiri oleh kehadiran para pesohor dari negeri ginseng Korea. Para artis yang membintangi berbagai drama TV atau para penyanyi baik solo maupun group band berhasil merebut perhatian dari berbagai kalangan usia. Kepopuleran dunia hiburan dari Negeri Ginseng ini tidak hanya merambah Negara – Negara Asia termasuk Indonesia tapi juga melesat hingga benua Amerika dan Eropa.

Istilah Hallyu erat keterkaitannya dengan para pesohor tersebut. Istilah ini sudah cukup popular diantara para penggemar dan pengagum budaya dan hiburan dari Korea Selatan. Untuk memahami makna sebenarnya dari Hallyu tersebut, berikut ini dapat kita bahas secara singkat.

Hallyu berasal dari kata ‘한’ (“han”) yang berarti ‘Korea’ sama halnya dengan ‘한국’ (Hanguk) atau negeri Korea – dan ‘류’ (“ryu”) yang juga merupakan ungkapan yang muncul dari istilah dari Sino-Korean yang berarti ‘Arus atau Gelombang’. Pada saat kedua karakter tersebut disatukan akan menjadi “Gelombang Korea” – . Terjemahan ini secara umum telah digunakan untuk menafsirkan derasnya gelombang hiburan yang berasal dari Korea keberbagai tempat di dunia dan dapat diterima dengan sangat antusias

Pada awalnya istilah tersebut digunakan oleh jurnalis China terhadap hasil observasi yang mereka lakukan terhadap gejala tersebut di akhir tahun 1990an. Pada tahun 1996, banyak drama TV Korea yang diekspor ke China dan mereka meraup sukses yang besar. Kemudian mulai banyak grup band yang juga bermunculan dan menikmati kepopuleran yang sama. Melihat keberhasilan itu,selanjutnya istilah tersebut menjadi populer dan identik dengan artis Korea Selatan .

 

Kontributor: Penata Mardiana, S.Pd., M.A.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia