Penutupan KIB Rusia Tk. Pradasar bagi Personel TNI AU

Rabu, 10 April 2013

SSJakarta, 11 April 2013. Bertempat di aula Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan pukul 09.00 WIB Kapusdiklat Bahasa Laksamana Pertama TNI Ir. Paruntungan Girsang, M.Sc., M.A. secara resmi menutup Kursus Intensif Bahasa Rusia Tingkat Pradasar bagi personel TNI AU yang diikuti oleh 10 orang.

Kursus bahasa Rusia ini adalah salah satu bentuk dukungan Pusdiklat Bahasa terhadap kebutuhan organisasi, dalam hal ini TNI AU yaitu untuk pembekalan bagi personel yang akan bertugas mengawaki pesawat Sukhoi yang akan didatangkan dari Rusia.

Kursus yang dilaksanakan dalam waktu yang relatif singkat, hanya dua bulan, kiranya telah dapat memberikan stimulus bahasa Rusia pada para peserta didik dalam rangka membangun sikap, motivasi kerja dan rasa percaya diri selaku komunitas pengelola kekuatan pertahanan negara untuk selanjutnya dapat memudahkan bagi saudara sebagai awak pesawat Sukhoi termasuk menggeluti bidang alih tehnologi sesuai kebutuhan. Dengan berbekal bahasa Rusia yang telah dipelajari para peserta didik, sebagai modal awal, kiranya para peserta didik akan mampu untuk berkomunikasi walau masih cukup terbatas.

Dalam amanatnya Kapusdiklat Bahasa menyampaikan beberapa penekanan, sebagai berikut :

a.       Perbaiki pengucapan bahasa Rusia Saudara, jangan merasa cukup dengan pengucapan Saudara, karena belajar hanya dalam dua bulan belum cukup untuk membentuk kebiasaan pengucapan yang benar, yang benar-benar dimengerti oleh orang Rusia.

b.      Perbanyak penguasaan kosa kata bahasa Rusia dalam ungkapan sehari-hari yang praktis, dan diperlukan setiap saat, hanya dengan cara ini Saudara akan menguasai bahasa Rusia lebih banyak dan lebih baik lagi.

c.        Pelajari kembali tentang technical order dan technical manual secara lebih baik, untuk menghindari kesalahan operasional penggunaan alutsista yang akan Saudara awaki, karena hanya dengan penggunaan alutsista secara benar akan mendatangkan manfaat yang sebesar-besarnya dan hindari kesalahan untuk menghindari kecelakaan yang tidak diperlukan.

d.       Jika ada kesempatan dan memungkinkan, maka jalin hubungan dengan para instruktur melalui internet atau email dalam rangka meningkatkan kemampuan berbahasa Saudara.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia