Mengenal Budaya Prancis Lewat Makanannya

Rabu, 17 April 2013

Prancis identik dengan Menara Eiffel, Mona Lisa, fashion tingkat dunia,dan masakan yang luar biasa indah dan memiliki citarasa yang begitu khas.
berbicara kualitas makanan, Prancis adalah raja.

Mereka telah menetapkan standar tinggi kuliner, dan koki Prancis  dengan terampil mempresentasikan makanan yang kreatif menjadi suatu bentuk seni.

Cara terbaik untuk mengenal budaya Prancis adalah dengan mengenal makanan yang hebat dan bermutu dimana keterampilan memasak, kualitas bahan, dan keaslian semua bergabung dalam tangan kesempurnaan kuliner seorang chef.

Marilah kita mengenal budaya Prancis dengan memahami jenis makanan berikut di bawah ini :

Baquette Prancis

 

1 prcRoti Baquette.

Prancis menghargai roti mereka sangat serius. Apakah saat sarapan, makan siang atau makan malam, baquette (kata Prancis untuk roti) selalu di atas meja.

Agak renyah di luar, tapi lembut di dalam, roti ini menjadi kebanggaan bagi orang Prancis dalam keterampilan membuatnya.

 

                        Keju terkenal di dunia

 

2prcsCamembert cheese atau  fromage  dalam bahasa Prancis, adalah makanan yang sama pentingnya dalam masakan mereka. Ada dua macam keju Prancis yang dikenal yaitu Brie dan Camembert. Keduanya keju lunak dengan kerak putih.

Walaupun kurang dikenal, namun sama lezatnya adalah Boursin, keju lembut yang dibumbui dengan bumbu ringan. Dalam masakan Prancis juga ada yang dicampur dengan chevre, tart keju khas yang terbuat dari susu kambing.

Dengan lebih dari 400 jenis keju pilihan, fromageries Prancis memiliki sesuatu untuk semua orang. Dan untuk apa keju keju ini bagi orang Perancis.

                                                            Makanan Perancis yang tekenal

3prcspate de foigra

Dalam charcuteries, setara dengan toko makanan, pilihan daging dingin menanti Anda. Bersiaplah untuk kewalahan oleh jumlah ham yang dimasak dan diasap, sosis dan pate. Selain itu, ada spesialisasi seperti sosis bir, sosis darah dan Kassler yang terbuat dari daging babi asap.

 

Coq Au Vin

4prcsTentu saja, masakan Prancis tidak terbatas hanya hidangan roti, keju dan daging dingin ( cold meat). Hidangan daging sapi paling terkenal dari Prancis adalah bouef bourguinon. Anda belum makan ayam sampai Anda sudah mencicipi coq au vin. Dan menu untuk hidangan ikan, Prancis punya 1001 resep.

 

boeuf bourgignon

5prcsApakah Anda lebih suka anggur-rebus salmon ( wine poached salmon), udang cognac, sup krim lobster, atau coquilles Saint-Jacques (tiram), masing-masing lebih enak dari yang lain dalam masakan Paris.

Makanan Penutup

                                                            Crepes

6 prcsDalam masakan Prancis, makan tidak akan lengkap tanpa buah.Seperti yang lain, orang Prancis bangga dengan buah2an mereka yang baru tumbuh seperti ceri Montmorency, apel dan pir Groslay Faro, yang tersedia musiman ditiap pasar di Perancis.

Masakan Prancis juga nikmat digabungkan antara buah segar dengan minuman.
Peach direndam dalam Cointreau, ceri dengan cognac, pir dengan Grand Marnier, dan yang tidak pernah diabaikan dalam masakan favorit Prancis, stroberi dengan sampanye.

 

Chocolate Mousse

7prcsSampai pada makanan penutup, crepes, creme brulee dan mousse cokelat adalah pokok penting dalam masakan Prancis yang telah disalin dengan cara yang unik di banyak negara di dunia.

Prancis bangga bahwa makanan penutup mereka telah menjadi standar keunggulan ketika memuaskan semua pencinta kuliner di dunia melalui makanan penutup  khas Prancis.

 

Kontributor: Kapten Caj (K) Selvy Rau/Subpok Prancis




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia