Jerman di Dunia

Selasa, 11 Juni 2013


germany

Kerja sama internasional

Bersama dengan mitranya di Eropa dan di seberang Atlantik, Jerman berupaya demi perdamaian, demokrasi dan penaatan hak-hak asasi manusia di seluruh dunia. Jerman adalah anggota sejumlah organisasi antarnegara di Eropa serta organisasi internasional lain yang penting

Uni Eropa
Republik Federal Jerman termasuk negara pendiri Uni Eropa (UE). Dengan setoran sebesar 26,6 miliar Ero, Jerman menanggung kurang lebih 20 persen dari anggaran belanja UE, sehingga menjadi pembayar iuran terbesar.

Perserikatan Bangsa-Bangsa
Sejak tahun 1973 Jerman menjadi anggota penuh komunitas antarbangsa atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dengan menanggung delapan persen lebih dari anggaran rutin PBB, Jerman menjadi pembayar iuran ketiga terbesar. Jerman termasuk negara kedudukan PBB: Sejak tahun 1996 Bonn bergelar “Kota PBB”, 19 anak organisasi PBB berkedudukan di sini.

Organisasi dan konfederasi lain
Jerman menjadi anggota pakta pertahanan NATO (sejak 1955), Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa (OSCE), Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF)

Kementerian Luar Negeri
Dengan kantor pusatnya di Berlin dan 229 perwakilan diplomatik di mancanegara, Kementerian Luar Negeri mewakili Jerman di dunia. Dewasa ini Jerman memelihara hubungan diplomatik dengan 190 lebih negara asing.

Penempatan di mancanegara
Angkatan bersenjata Jerman, Bundeswehr, turut serta dalam operasi di mancanegara, di antaranya aksi pelestarian perdamaian, misi kemanusiaan serta operasi penstabilan yang diberi mandat oleh PBB dan yang dilaksanakan dalam rangka NATO dan UE.

Sumber: http://www.tatsachen-ueber-deutschland.de

Kontributor:Mayor Caj Rafiq P./Subpok Jerman




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia