SEMINAR SUSPIMJEMENHAN ANGK. VIII T.A.2013

Kamis, 18 Juli 2013

SEMINAR SUSPIMJEMENHAN ANGKATAN VIII T.A. 2013

Kamis, 18 Juli 2013

 

Peserta Suspimjemen Pertahanan Angkatan VIII T.A. 2013 telah melaksanakan Seminar dengan tema: “KONSEPSI PENCEGAHAN AKSI RADIKALISME GUNA MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA DALAM RANGKA TERWUJUDNYA TUJUAN NASIONAL”. Seminar dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2013 pukul 09.00 WIB bertempat di Aula Lantai V Gedung LB.Moerdani Pusdiklat Jemen Pertahanan.

 Seminar dibuka oleh Kabadiklat Kemhan, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara tersebut dihadiri oleh 50 orang undangan, termasuk didalamnya Kapusdiklat Bahasa, Kapusdiklat Tekfunghan, Asisten Deputy Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Tenaga Profesional Bidang Hukum dan HAM Lemhannas RI.

 Keynote Speech dalam Seminar tersebut adalah Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI.Soewarno, S.IP., M.Sc. Sedangkan sebagai Penanggap, Dr.Dyah Sulistyani Muladi, S.H., M.Kum., dan Ir.Vita DD.Sumarno dari Yayasan Jati Diri Bangsa.

Dalam sambutannya Keynote Speech menyampaikan bahwa seminar ini dirancang untuk memberikan wawasan tentang konsep deradikalisasi guna memperkokoh jatidiri bangsa dalam rangka terwujudnya tujuan nasional. Dan acara ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan kesadaran anak bangsa yang mempunyai kemauan kuat untuk menjadikan bangsa ini bangsa yang sopan, santun dalam bersikap dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, yang merupakan dasar negara Indonesia. Melalui seminar ini pula dapat dijadikan forum pertukaran informasi dan komunikasi dalam menyampaikan konsep hasil pemikiran dan hasil penelaahan tentang Deradikalisasi, sehingga dapat memberikan kontribusi dalam rangka mewujudkan tujuan Nasional.

 

Deradikalisasi pada intinya adalah mengembalikan yang selama ini senantiasa bertindak radikal, anarkhis dan senang pada tindakan pengrusakan, yang pasti akan berdampak pada pada kerugian personel maupun materiil; akan berubah menjadi pribadi yang santun, menghargai sesama umat Tuhan, menghargai dan menjaga nikmat yang telah Tuhan berikan, tanpa harus mengadakan pengrusakan dimuka bumi ini. Bangsa ini akan menjadi bangsa yang besar apabila kita semua sebagai rakyatnya yang akan mewujudkannya.

 

Acara Seminar ditutup oleh Kapusdiklat Jemenhan dan ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri. Secara keseluruhan acara diakhiri dengan Foto bersama, peserta Suspimjemen dengan para Undangan Penanggap Seminar.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia