Bahasa Jerman

Kamis, 25 Juli 2013

thBahasa Jerman

Deutsch

Dituturkan di

Jerman, Swiss, Austria, Italia(Bolzano-Bolzen),Liechtenstein, Luksemburg,Perancis (Alsace-Lorraine),Belgia, Denmark, Polandia, dan Namibia. Bahasa ini masih dituturkan secara terbatasArgentina selatan dan beberapa masyarakat Amish diAmerika Serikat. Bahasa ini pernah menjadi bahasa pengantar ilmu pengetahuan di akhir abad ke-19.

Wilayah

Eropa tengah, dan tempat-tempat yang dihuni diaspora orang Jerman

Jumlah penutur

135 juta jiwa  (tidak ada tanggal)

Rumpun bahasa

Indo-Eropa

Sistem penulisan

Alfabet Latin (Varian Jerman)

Bahasa Jerman adalah anggota bahasa Germanik Barat yang dipakai sebagai bahasa pengantar terutama di kawasan Eropa Tengah. Bahasa ini adalah salah satu bahasa yang luas dipertuturkan di Eropa dan pernah menjadi bahasa pengantar antarbangsa yang penting sampai awal abad ke-20. Meskipun sekarang menurun kepentingannya, bahasa ini masih luas dipelajari karena banyakliteratur klasik dunia yang ditulis menggunakan bahasa ini.

Dalam kontinuum variasi bahasa di Eropa Tengah bagian utara, “bahasa Jerman” adalah semua bahasa yang telah mengalamipergeseran bunyi Germanik kedua. Dengan demikian, ke dalam lingkup ini masuk berbagai bahasa yang dipakai di Jerman selatan, sehingga bahasa Jerman dikenal pula sebagai bahasa Jerman Hulu.

(Sumber : Wikipedia)

Kontributor : Mayor Caj Rafiq P./Subpok Jerman




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia