STRATEGI PENYIAPAN SDM PERTAHANAN MELALUI DIKLAT BERBASIS KOMPETENSI

Minggu, 2 Maret 2014

“STRATEGI PENYIAPAN SDM PERTAHANAN MELALUI DIKLAT BERBASIS KOMPETENSI”

Oleh : Letkol Cpl Ir. Akhmad Mulyadi M.Sc

Widyaiswara Muda Pusdiklatjemenhan

ABSTRAKSI

Seiring dengan tuntutan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Kementerian Pertahanan (Kemhan), Sumber Daya Pertahanan (SDM) Kemhan sebagai komponen utama dan pelaku penyelenggaraan pertahanan, perlu segera berbenah dan mereposisikan dirinya sesuai dengan tuntutan organisasi terkini yang berbasis kompetensi.

Badan Pendidikan dan Latihan Kemhan selaku badan pelaksana Kemhan dibidang Diklat selaku mesin cetak SDM Pertahanan sebagai penjuru dalam menelorkan SDM Pertahanan yang berkompeten secara teknis, perilaku maupun kepribadian secara bertahap melakukan perubahan dan penyesuaian pada 10 komponen pendidikan untuk memenuhi tuntutan reformasi birokrasi. Standar SDM yang mempunyai pengetahuan, ketrampilan dan kepribadian yang baik dan seimbang menjadi target keluaran bagi Diklat.

Kebutuhan organisasi dan sulitnya mencari SDM yang berkompeten menjadi alasan yang kuat atas masalah kompetensi jabatan. Penulis menyoroti perlunya strategi penyiapan SDM Pertahanan melalui Diklat berbasis Kompetensi menjadi menarik untuk dibahas lebih detail dari mulai tahap perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi pendidikan.

Kualitas SDM Pertahanan sesuai dengan kompetensi dapat tercapai apabila 10 komponen pendidikan di lingkungan Diklat Kemhan mendapat dukungan memadai dalam hal ketersediaan dan kecukupan anggaran, semangat dan misi yang sama dari seluruh komponen pendidikan dan penentuan skala prioritas pada seleksi calon peserta didik yang lebih ketat sesuai kriteria dan prasyarat yang ditetapkan program pendidikan.

Untuk membaca artikel lebih selengkapnya silahkan lihat di file dokumen PDF atau download di alamat link dibawah ini

Klik link Disini 





Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia