Kuliah Umum Kabadiklat Kemhan di ITB

Kamis, 18 September 2014

itb1 2itb1

Bandung,  Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kemhan Mayor Jenderal TNI Hartind Asrin  Rabu (17/09/14) memberikan kuliah umum pada acara Studium Generale kepada mahasiswa ITB yang diselenggarakan di Aula Barat  Institute Teknologi Bandung yang mengangkat  tema ‘Kepemimpinan Berwawasan Bela Negara’. Kuliah Umum ini bertujuan untuk  memperluas wawasan para mahasiswa sebagai calon-calon pemimpin masa depan.

Dalam kuliah umumnya Kabadiklat menyampaikan tentang Kepemimpinan Berwawasan Bela Negara, dalam penjelasannya Kabadiklat Kemhan menguraikan bahwa pemimpin haruslah menjadi  tauladan,  pemimpin harus bisa dekat dengan bawahannya maupun rekannya.. Menurut Beliau, pemimpin perlu memiliki asas kepemimpinan. Seperti pada TNI, terdapat sebelas asas antara lain takwa, ing ngarso sung tolodo, ing madya mangun karsa, tutwuri handayani, waspada purba wisesa, ambeg parama arta, prasaja, satya, gemi nastiti, belaka, dan legawa.

Selain itu Mayjen TNI Hartind Asrin menjelaskan konsep bela negara yang perlu dilaksanakan oleh setiap warga negara. Sesuai dengan Pasal 27 UUD 1945, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara. Bela negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI

Kuliah umum dibuka dan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Komunikasi, Kemitraan, dan Alumni, Prof.Ir. Hasanuddin Z. Abidin, M.Sc., Ph.D.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia