Penutupan KIBINA SAF ke-8

Selasa, 18 November 2014

Dokinfo 20.11.2014. Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Hartind Asrin telah resmi menutup Kursus Intensif Bahasa Indonesia Perwira SAF (Singapore Armed Forces) ke-8 TA. 2014 pada pukul 09.15 WIB bertempat di Gd. Aula Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan.

Kegiatan ini merupakan program pertukaran   pendidikan   dan   pelatihan bahasa   yang dirancang untuk membekali para personel SAF dengan kemampuan dan   keterampilan berbahasa Indonesia agar dapat memahami serta mampu menggunakan bahasa Indonesia walau secara terbatas untuk menunjang pelaksanaan tugas baik di Singapura maupun di Indonesia.

Sebagaimana kita ketahui, kerja sama pertahanan dalam bidang pendidikan dan pelatihan antara negara Republik Singapura dan Republik Indonesia telah terjalin cukup lama. Kerjasama tersebut diwujudkan dalam bentuk latihan bersama, pertukaran kunjungan serta pertukaran personel   masing-masing   angkatan   bersenjata   untuk mengikuti berbagai kegiatan pendidikan.

Program kerja sama seperti ini diharapkan dapat berlanjut dan berkesinambungan pada masa-masa mendatang.

Waktu dua bulan merupakan waktu yang sangat singkat untuk belajar bahasa asing. Namun, kesungguhan dan motivasi tinggi yang saudara tunjukkan selama mengikuti kursus telah mendukung keberhasilan saudara untuk meningkatkan kemampuan saudara dalam berbahasa Indonesia.

Penutupan pendidikan ini bukan berarti menutup aktivitas berbahasa Indonesia saudara. Kalau ada kemauan, saudara dapat terus belajar bahasa kapanpun dan di manapun. Saya berharap kemampuan berbahasa Indonesia yang telah saudara miliki perlu terus dipelihara, dikembangkan, dan ditingkatkan. Manfaatkan segala kesempatan dan kemajuan teknologi untuk senantiasa mengembangkan kemampuan berbahasa saudara.

Sebelum mengakhiri amanat, Kabadiklat Kemhan mengucapkan ’selamat’ kepada   alumni siswa yang    telah   menyelesaikan pendidikan di Pusdiklat Bahasa.

Pada kesempatan yang sama Kabadiklat Kemhan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada perwira staf dan instruktur Pusdiklat Bahasa, Atase Pertahanan Singapura, serta semua pihak yang dengan sepenuh hati telah memberikan bantuan dan dukungan hingga kursus ini selesai dan berhasil dengan baik.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia