Kuliah Umum Kabadiklat di UIN Jakarta

Kamis, 8 Januari 2015

uin web3  uin web6

uin web4  uin web5

uin web7  uin web2

Jakarta 8/1/2015, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kemhan Mayor Jenderal TNI Hartind Asrin memberikan kuliahumum pada acara Pengukuhan Pengurus Organisasi Kemahasiswaan Tingkat Universitas kepada mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta yang diselenggarakan di Auditorium HarunNasution yang mengangkat tema ‘Pimpinan Berwawasan Bela Negara’. Kuliah Umum ini bertujuan untuk memperluas wawasan para mahasiswa sebagai calon-calon pemimpin masa depan.

Dalam kuliah umumnya Kabadiklat menyampaikan tentang Kepemimpinan Berwawasan Bela Negara, dalam penjelasannya Kabadiklat Kemhan menguraikan bahwa pemimpin haruslah menjadi tauladan, pemimpin harus bisa dekat dengan bawahannya maupun rekannya. MenurutBeliau, pemimpin perlu memiliki asas kepemimpinan. Sepertipada TNI, terdapat sebelas asas antara lain takwa, ing ngarso sung tolodo, ing madya mangun karsa, tutwuri handayani, waspada purba wisesa, ambeg parama arta, prasaja, satya, geminastiti, belaka, dan legawa.

Selain itu Mayjen TNI Hartind Asrin menjelaskan konsep bela negara yang perlu dilaksanakan oleh setiap warga negara. Sesuai dengan Pasal 27 UUD 1945, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara. Bela negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI

Kuliah umum dihadiri oleh Rektor UIN Prof. Dr. Dede Rosyada, MA, Walikota Tanggerang Selatan Hj. Airin Rachmi Diany Wardana SH, MH dan segenap sifitas akademika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia