KEGIATAN DINAMIKA KELOMPOK DAN OUT BOUND

Selasa, 7 April 2015

Jakarta, Portal P.Tekfunghan. Pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 8 s.d 9 April 2015, Peserta Diklat Teknis Programmer Komputer dan Diklat Teknis Teknisi Komputer Kemhan T.A. 2015 melaksanakan kegiatan Dinamika Kelompok dan Out Bound di Pusdiklat Bela Negara Rumpin Bogor.

Outbound yang dilaksanakan oleh Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan adalah sebuah kegiatan yang dilakukan di alam terbuka atau yang dikenal dengan istilah KIAT (Kepemimpinan Integratif di Alam Terbuka) dengan melakukan beberapa simulasi permainan yang dilaksanakan secara berkelompok.


Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih kepemimpinan dan manajerial peserta didik serta membentuk karakter pribadi setiap peserta diklat, antara lain kemandirian, keberanian, percaya diri, tanggung jawab dan empati yang merupakan nilai dasar yang harus dimiliki setiap orang, sehingga diharapkan melalui pelatihan dalam bentuk permainan-permainan tersebut dapat menjadi sebuah pengalaman yang membekali dirinya untuk menghadapi tantangan nyata dalam melaksanakan tugas

Melalui outbound peserta diklat tidak saja berinteraksi dengan alam namun juga berinteraksi dengan widyaiswara dan sesama peserta diklat, sehingga diharapkan akan dapat membangun kerja sama, komunikasi dan interaksi yang dapat meningkatkan semangat belajar selama mengikuti Diklat di lingkungan Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan

a.         Materi.

Dinamika Kelompok

Outbound diawali dengan Dinamika Kelompok yang dilaksanakan di kelas dan diikuti oleh seluruh peserta dipimpin oleh fasilitator yang telah ditunjuk. Kegiatan ini bertujuan untuk mencairkan suasana Diklat sehingga dapat tercipta kebersamaan saling mengenal antar peserta dan antara peserta dengan widyaiswara sehingga akan memunculkan suasana yang akrab dan kerja sama/ teamwork yang solid serta sangat berpengaruh dalam menyongsong kegiatan Diklat selanjutnya.

 

b)         Arung Alam
Arung alam dilaksanakan disekitar komplek Diklat Bela Negara Rumpin, Kab. Bogor. Seluruh peserta dibagi menjadi 8 (delapan) kelompok. Jarak tempuh arung alam sekitar 1,5 Km dengan 8 (delapan) macam permainan, yaitu :

1)Memindahkan Kelereng

2)Bola Paralon 

3)Bola Gila

4)Electric Jump

5)Mendirikan Tiang Bendera

6)Lingkaran Penyelamat

7)Menjinakkan Bomb

8)Stick and Ball




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia