Universitas Lampung jadikan Pancasila mata kuliah mandiri

Selasa, 12 April 2016

BaPancasila1-464x232ndar Lampung (ANTARA News) – Universitas Lampung menjadikan Pancasila sebagai mata kuliah mandiri yang terpisah dari mata kuliah Kewarganeraan dalam kurikulum terbaru. 

“Kurukulum baru harus ada mata kuliah Pancasila sendiri. Tadinya Pancasila dan Kewarganegaraan, sekarang dipisah. Jadi, untuk mempertajam itu. Satu mata kuliah khusus namanya Pancasila,” ujar Rektor Universitas Lampung, Hasriadi Mat Akin, di Lampung, Jumat. 

Menurut dia, mata kuliah Pancasila akan diberikan pada mahasiswa di semester satu atau dua. “Di semester satu atau dua,” kata dia. 

Lebih lanjut, menurut dia, arus globalisasi saat ini tak dinyana menggerus nilai-nilai kebangsaan khususnya mahasiswa. 

Oleh karena itu, dia menilai penyelenggaraan pelatihan bagi para dosen dalam mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan sangat tepat. 

“Acara ini benar-benar tepat karena arus globalisasi menggerus nilai-nilai NKRI, jadi dengan globalisasi terjadi penurunan nilai-nilai gotong royong, kebersamaan, karakter. Kalau itu kita biarkan bagaimana jadinya negara kita. Lulusan-lulusan perguruan tinggi yang bakal menjadi pemimpin bangsa tidak punya karakter. Akan berbahaya,” kata dia.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia