Saat Budaya Indonesia Diperkenalkan ke Warga Kaliningrad Rusia

Senin, 18 April 2016

gwkMoskow – Nuansa Indonesia terasa di Museum of The World Ocean di kota Svetlogorsk, provinsi Kaliningrad, Rusia. Berjarak sekitar 1.250 km dari Moskow, Kaliningrad menjadi lokasi pameran etnografis Asia Tenggara.
 
Dalam keterangan dari KBRI Moskow, Selasa (19/4/2016), Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi terkejut sekaligus kagum dengan antusiasme kurator lokal untuk menampilkan pameran bertemakan Asia. Dari sekitar 1.000 benda-benda budaya yang dipamerkan, 70 persennya berasal dari Indonesia.
Saat menghadiri pembukaan pameran, Dubes Wahid disambut dengan senyum ramah dan ucapan ‘selamat siang’ dalam Bahasa Indonesia. Dubes yang baru 17 hari berada di Rusia itu lalu menengok benda-benda yang dipamerkan.
 
Ada benda-benda seni dari Sulawesi, Sumatera, Papua, dan Bali. Para pengunjung juga diperbolehkan bermain Gamelan Bali. Sayangnya, tidak ada yang bisa mengajarkan cara bermain alat musik itu.
 
Dalam sambutan singkat pada acara pembukaan di hadapan sekitar 500 pengunjung, Dubes Wahid berjanji akan mendatangkan pengajar gamelan tahun ini. Dia juga akan mengirim misi bisnis dan budaya Indonesia pada tahun 2017.
Direktur Museum of The World Ocean Svetlana Svetkova menyambut baik usulan tersebut. Svetkova akan menyediakan tempat gratis untuk kegiatan dimaksud di museum ini.
 
Baru resmi dibuka sekitar 5 bulan lalu, Museum of the World Ocean telah dikunjungi sekitar 50 ribu pengunjung. Benda-benda budaya etnografi Asia Tenggara yang dipamerkan merupakan koleksi pengusaha Rusia, V. Shcherbakov. Indah Mutiara Kami – detikNews



Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia