KABADIKLAT KEMHAN MENJADI NARA SUMBER BELA NEGARA DI PUSKURBUK BALITBANG KEMDIKBUD

Kamis, 21 April 2016

Ceramah BN di Kemdikbud 1Jakarta, Kamis 21/04 – Bertempat di ruang sidang Gambuh Pusat Kurikulum dan Pembukuan Balitbang Kemdikbud Jl. Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kemhan Mayjen TNI Hartind Asrin didampingi oleh Kapuskurbuk Dr. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd untuk menyampaikan Ceramah umum Bela Negara sebagai Nara Sumber dihadapan 21 orang peserta Kegiatan Pengembangan Model Kurikulum Satuan Pendidikan Sesuai Konteks Daerah yang akan berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 21 s.d. 22 April 2016.

Dihadapan tim penyusun Model Kurikulum Satuan Pendidikan Sesuai Konteks Daerah, Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Hartind Asrind menyampaikan bahwa Bela Negara adalah kewajiban setiap warga negara sesuai dengan dasar hukum Bela Negara pasal 27 UUD 45 (Perubahan II) Pasal 30 UUD 45 dan Pasal 9 UU No.3 tentang Pertahanan Negara dan diperkuat dengan Kepres Nomor 29 Tahun 2006 tanggal 18 Desember 2006 Tentang Ditetapkan Hari Nasional Bela Negara pada tanggal 19 Desember dan Pemendagri Nomor 38 tahun 2011 tentang Pedoman Peningkatan Kesadaran Bela Negara Daerah.

Kabadiklat Kemhan juga menyampaikan bahwa 5 Nilai Bela Negara harus ditanamkan kepada setiap warga negara yaitu : Cinta tanah Air, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Yakin Pancasila sebagai Idiologi Negara, Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara serta memiliki Kemampuan Awal Bela Negara baik Fisik dan Non Fisik.

Dalam kesempatan ini Kabadiklat juga menyampaikan kepada tim penyusun Model Kurikulum Satuan Pendidikan Sesuai Konteks Daerah, agar Output yang dihasilkan dapat mengenai sasaran yang ingin dicapai seperti Kurikulum Diklat Bela negara yang telah dikembangkan oleh Badiklat Kemhan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia