PAUD Diminta Tekankan Pendidikan Karakter Anak

Rabu, 27 April 2016

Semarang (ANTARA News) – Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diminta menekankan pendidikan karakter kepada anak didiknya untuk menangkal hal-hal yang bersifat negatif dari luar.

“Pembentukan karakter harus dimulai sejak dini sehingga sudah semestinya PAUD memprioritaskan pada pendidikan karakter,” kata Siti Atikoh Ganjar Pranowo selaku Bunda PAUD Jawa Tengah, di Semarang, Senin.

Istri dari Gubernur Jawa Tengah, Pranowo Ganjar, ini mengungkapkan sekitar 50 persen kecerdasan orang dewasa terbentuk saat anak usia hingga empat tahun.

“Sebanyak 80 persen jaringan otak telah berkembang pesat hingga anak usia delapan tahun, dan mencapai puncaknya hingga anak berumur 18 tahun,” ujarnya.

Kendati demikian, kata dia, saat ini pendidikan formal justru lebih diarahkan pada ilmu pengetahuan dan berdasarkan kurikulum yang ditentukan.

Atikoh menilai pendidikan karakter sejak dini merupakan investasi sumber daya manusia yang luar biasa. “Kehilangan ini berarti kehilangan generasi penerus bangsa,” katanya.

Ia mengapresiasi pengelola PAUD yang telah memprioritaskan pendidikan karakter pada anak didiknya.

“Sentuhan orangtua, guru, maupun lingkungan sekitarnya mempengaruhi perkembangan anak,”ujarnya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia