Ceramah Kepemimpinan Berwawasan Bela Negara dan Berkarakter di UMJ

Senin, 9 Mei 2016

rsz ceramah kabadan9/5/2016. Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Hartind Asrin pada hari Senin, 9 Mei 2016 memberikan ceramah Kepemimpinan Berwawasan Bela Negara dan  Berkarakter kepada 300 orang mahasiswa Pasca Sarjana dan Strata I di Univerasitas Muhammadiyah Jakarta. Acara ceramah dilaksanakan di Ruang Aula lantai 3 Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta  Jl. KH. Ahmad Dahlan Ciputat Jakarta Selatan.  

Dalam inti ceramahnya Mayjen TNI Hartind Asrin menjelaskan bahwa Kepemimpinan intinya adalah seni atau ilmu untuk mempengaruhi tingkah laku orang lain agar secara sadar tanpa paksaan mau mengikuti apa yang diinginkan oleh pemimpin tersebut dalam rangka mencapai tujuan bersama. “Dalam tradisi militer dikenal filosofi kepemimpinan “follow me”. Filosofi tersebut menuntut komandan untuk bertindak benar di depan anak buah dan menjadi teladan.

Kepemimpinan yang dimaksud adalah berwawasan bela negara seperti yang diamanatkan dalam pasal 27 UUD 45. Dan seluruh warga negara Indonesia wajib ikut serta dalam membela Negara, dimana arti dari Bela Negara yaitu Sikap dan Perilaku warga negara  yg dijiwai oleh  kecintaannya kepada  N K R I  yg berdasarkan  Pancasila  & UUD 1945  dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa  dan negara

Kabadiklat Kemhan Mayor Jenderal Hartind Asrin menambahkan ada tiga komponen pertahanan negara yaitu Komponen Utama, Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung. “Saat ini RUU Komponen Cadangan masih dibahas di DPR,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ceramah tersebut turut dihadiri Rektor UMJ  bapak Dr. H. Syaiful Bakhri, S.H.,  M.H., Wakil Rektor I UMJ Kahar Maranjaya dan Ketua Muhammadiyah Kabupaten Bogor  Naufal Ramadian, M.Si.Ceramah diakhiri dengan sesi tanya-jawab yang mendapat banyak tanggapan, saran dan masukan dari audiens serta ditutup dengan ramah-tamah.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia