Ceramah Bela Negara di Balitbang MA, Mega Mendung

Sabtu, 14 Mei 2016

ceramah bn ma kecilSenin, 16 Mei 2016. Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Hartind Asrin pada hari Senin 16 Mei 2016 bertempat di Badan Penelitian  dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI Mega Mendung Bogor, memberikan ceramah Bela Negara mengambil tema Kepemimpinan Berwawasan Bela Negara.

Selaku audiens pada acara tersebut adalah Peserta Diklat Pimpipinan Pengadilan/Calon Pimpinan Pengadilan Tingkat Pertama Angkatan X Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan di Bawahnya T.A. 2016, Peserta Diklat Sekretaris/Calon Sekretars Pengadilan Tingkat Pertama Angkatan XI T.A. 2016 sebanyak 70 orang.

Mayjen TNI Hartind Asrin pada inti ceramahnya menyampaikan bahwa seorang calon pemimpin haruslah dapat dan mampu untuk dijadikan sebagai tauladan. Menurutnya, pemimpin perlu memiliki asas kepemimpinan dan lima nilai dasar bela negara.  Sebelas asas antara lain takwa, ing ngarso sung tolodo, ing madya mangun karsa, tutwuri handayani, waspada purba wisesa, ambeg parama arta, prasaja, satya, gemi nastiti, belaka, dan legawa. Sedangkan 5 nilai dasar bela begara itu adalah Indikator keberhasilan pembinaan kesadaran bela Negara secara umum yang berkaitan dengan pemahaman secara komprehensif tentang:
a. Mencintai tanah air
b. Kesadaran berbangsa dan bernegara
c. Yakin akan Pancasila sebagai ideologi Negara
d. Rela berkorban untuk bangsa dan Negara
e. Memiliki kemampuan awal bela Negara

Selain itu, ditekankan bahwa pemimpin harus bisa dekat dengan bawahannya maupun rekannya. Ceramah ditutup dengan tanya jawab serta masukan pendapat dan saran yang membangun untuk keberhasilan pencanangan Bela Negara di tanah air.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia