Menhan Pimpin Upacara Bela Negara di Silang Monas

Selasa, 23 Agustus 2016

apelbelanegaraJakarta – Ribuan orang mengikuti upacara bela negara di Silang Monas pagi ini. Upacara dipimpin oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Upacara bertempat di Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa (23/8/2016) dan dimulai pukul 08.00 WIB. Bertindak selaku Komandan Upacara adalah CEO Stechoq Robotika Indonesia Malik Khidir.

Peserta upacara berasal dari beragam unsur, di antaranya perwakilan dari Kementerian/Lembaga terkait, TNI, Polri, Forum Bela Negara, Pramuka, Menwa, Linmas, mahasiswa, ormas, dan komponen bangsa lainnya.

Setelah mengheningkan cipta sejenak, selanjutnya adalah membacakan ikrar bela negara oleh seluruh peserta upacara. Berikut adalah ikrar bela negara yang dibacakan:

Kami Warga Negara Indonesia menyadari sepenuhnya bahwa dalam rangka menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa, demi kelangsungan hidup NKRI, berjanji untuk selalu bersikap dan berperilaku:

1. Mencintai tanah air
2. Memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara
3. Yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara
4. Rela berkorban untuk bangsa dan negara
5. Memiliki kemampuan awal bela negara

Menhan meminta maaf karena seharusnya yang memimpin apel adalah Presiden Joko Widodo. Namun ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan.

Tampak hadir di Silang Monas yakni Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmatyo dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. 

(rna/dhn)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia