Ceramah Bela Negara di Puloampel Serang Banten

Rabu, 31 Agustus 2016

BDK 2250 edit1

Kabadiklat Kemhan Mayor Jenderal TNI Hartind Asrin, saat memberikan ceramah “Bela Negara” dalam rangka Milad Ke II Forum Aksi Masyarakat Bojonegara (Famboja) di Puloampel, Serang, Banten, tanggal 1 September 2016 yang  dihadiri oleh para Muspida Tk. I dan Tk. II, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Adat serta Tokoh Masyarakat setempat.  Dalam ceramahnya Kabadiklat Kemhan mengajak seluruh warga masyarakat Bojonegara khususnya dan warga masyarakat pada umumnya untuk ikut serta membangun dan meningkatkan rasa kebersamaan, semangat dan wawasan kebangsaan, serta membangun kesadaran bela negara.

Kabadiklat Kemhan juga mengatakan bahwa bela negara adalah bagian dari agenda Nawacita Presiden Jokowi yang ke-8 yaitu Revolusi Mental, untuk menumbuhkan rasa nasionalisme bangsa dengan membangkitkan bela negara sesuai UUD 1945 pasal 27 ayat 3 dan agenda tersebut disambut oleh Kementerian Pertahanan dalam wujud Diklat Bela Negara dalam hal ini melekat dalam tugas dan fungsi Badiklat Kemhan sebagai Lembaga Diklat di lingkungan Kementerian Pertahanan. 

Sebagai program unggulan nilai-nilai dasar bela negara yang dikembangkan oleh Badiklat Kemhan adalah nasionalisme, kenegaraan dan kebangsaan untuk membangun sistem pertahanan negara. Adapun lima nilai dasar bela negara yaitu, cinta Tanah Air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara.  Dalam kesempatan yang sama juga dilakukan dialog antara Kabadiklat Kemhan dengan warga masyarakat setempat yang terkait dengan wawasan kebangsaan.

 

 





Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia