CERAMAH BELA NEGARA KABADIKLAT DI UNIVERSITAS PELITA HARAPAN

Kamis, 1 Desember 2016

UPH_beritaKabadiklat Kemhan Mayjen TNI Hartind Asrin pada hari Rabu, 30 November  2016 di UPH Global Campus Jl. M. H. Thamrin  Boulevard 1100 Lippo Vilage     Tangerang, memberikan ceramah Kepemimpinan Berwawasan Bela Negara dan  Berkarakter kepada 335 orang mahasiswa Universitas Pelita Harapan Jakarta.

Kepemimpinan yang dimaksud adalah berwawasan bela negara seperti yang diamanatkan dalam pasal 27 UUD 45. Dan seluruh warga negara Indonesia wajib ikut serta dalam membela Negara, dimana arti dari Bela Negara yaitu Sikap dan Perilaku warga negara  yg dijiwai oleh  kecintaannya kepada  N K R I  yg berdasarkan  Pancasila  & UUD 1945  dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa  dan negara

Dalam inti ceramahnya Mayjen TNI Hartind Asrin menjelaskan bahwa Kepemimpinan intinya adalah seni atau ilmu untuk mempengaruhi tingkah laku orang lain agar secara sadar tanpa paksaan mau mengikuti apa yang diinginkan oleh pemimpin tersebut dalam rangka mencapai tujuan bersama. “Dalam tradisi militer dikenal filosofi kepemimpinan “follow me”. Filosofi tersebut menuntut komandan untuk bertindak benar di depan anak buah dan menjadi teladan.

UPH_berita1Kabadiklat Kemhan Mayor Jenderal Hartind Asrin menambahkan ada tiga komponen pertahanan negara yaitu Komponen Utama, Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung. “Saat ini RUU Komponen Cadangan masih dibahas di DPR,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ceramah tersebut turut dihadiri Wakil Rektor bidang Akademik Gunawaty Tjioe, B.Ed., M.Pd., Ph.D.  Ceramah diakhiri dengan sesi tanya-jawab yang mendapat banyak tanggapan, saran dan masukan dari audiens.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia