Diklat Bela Negara bagi UPN, UNSADA, SGU dan GUNDAR

Jumat, 2 Desember 2016

4univ rumpinBadiklat Kemhan melaksanakan Diklat Bela Negara di lingkungan pendidikan yang diselenggarakan di Pusdiklat Bela Negara, Desa Cibodas Rumpin – Bogor, dibuka pada tanggal 2 Desember 2016 oleh Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Hartind Asrin, M.I.Kom dan dilanjutkan dengan ceramah dihadapan 360 mahasiswa dari 4 universitas antara lain Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Jakarta, Universitas Dharma Persada (Unsada) , Swiss German University (SGU) dan Universitas Gunadarma sebanyak 360 mahasiswa.
Setelah pembukaan dan Ceramah Kabadiklat Kemhan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara berkenan berkunjung di Pusdiklat Bela Negara. Pada kesempatan kali ini Menteri menyaksikan kegiatan Diklat yang sedang berlangsung sekaligus melihat fasilitas Diklat yang ada. Pada kunjungan tersebut Menpan sangat antusias dengan kesiapan yang telah dirintis oleh Badiklat Kemhan dalam hal ini diprakarsai oleh Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Hartind Asrin, M.I.Kom.
4univ rumpin2Kabadiklat Kemhan dalam paparannya selalu mengajak bahwa sebagai anak bangsa berhak dan wajib dalam pembelaan negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 27 ayat (3) yang menyatakan bahwa “Setiap warga negara berhak dan wajib turut serta dalam upaya pembelaan negara”.
Berawal dari Nawacita Presiden Joko Widodo, Badiklat Kemhan melalui Kementerian Pertahanan diberikan tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan diklat Bela Negara baik dari lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan dan lingkungan pemukiman, termasuk pelaksanaan diklat bagi mahasiswa dari empat universitas terkenal di Jakarta.
Kabadiklat Kemhan juga mengatakan bahwa bela negara harus dilakukan dengan sepenuh hati. Bela negara adalah sikap dan perilaku yang dijiwai dengan lima nilai dasar bela negara yaitu; cinta tanah air, sadar akan berbangsa dan bernegara, yakin 4univ rumpin3pada pancasila sebagai ideologi negara, berkorban untuk bangsa dan negara dan memililki kemampuan awal bela negara.
Diklat di tutup dengan menampilkan demo keterampilan bela diri Militer (BDM) dan upacara penutupan dengan inspektur upacara Kabadiklat Kemhan dan dihadiri oleh tamu undangan dari segenap sifitas akademika keempat universitas tersebut serta pejabat Muspida daerah setempat.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia