Peresmian Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan

Rabu, 1 Maret 2017

peresmian1

Selasa, 28 Februari 2017. Bertempat di Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan, Desa Cibodas Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu. Pusdiklat Bela Negara yang merupakan Satuan Kerja Baru yang berada dalam Organisasi induk yaitu Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan (Badiklat Kemhan). Pusdiklat Bela Negara merupakan satuan yang secara khusus dibuat oleh Kementerian Pertahanan untuk menyelenggarakan Pendidikan Bela Negara yang merupakan sasaran utama Kementerian Pertahanan dalam membentuk 100 juta Kader Bela Negara untuk mewadahi Nawa Cita Presiden Joko Widodo. Pusdiklat Bela Negar akan meyelenggarakan Pendidikan Bela Negara yang mencakup kepentingan nasional antara lain pendidikan Bela Negara di lingkungan pendidikan, lingkungan pemukiman serta lingkungan pekerjaan. Pembentukan Pusdiklat Bela Negara ini juga sekaligus mewadahi bagi pendidikan Bela Negara yang selama ini telah diselenggarkan oleh Badiklat Kemhan baik di lingkungan pemukiman, Pekerjaan maupun Lingkungan Pendidikan. Pemilihan Lokasi Desa Cibodas Kecamatan Rumpin yang di gagas oleh Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Hartind Hartin, M.I.Kom dipandang sangat tepat untuk penyelenggaraan Diklat Bela Negara

peresmian7Acara peresmian Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan dilaksanakan dengan penuh kehidmatan dan kemeriahannya. Acara ini di hadiri sekitar 1000 undangan yang terdiri dari beberapa unsur elemen masyarakat mulai kadi kementerian/lembaga, organisasi masyarakat maupun para siswa siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di lingkungan Desa Cibodas Kecamatan Rumpin. Pada Sambutannya Menteri Pertahanan menyampaikan bahwa Pusdiklat Bela Negara ini bukan hanya milik Kementerian Pertahanan saja tapi ini milik semua, Menhan berharap Pusdiklat Bela Negara menjadi Pusat Unggulan dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia yang professional dan memiliki keterampilan Bela Negara.

peresmia3Acara Peresmian dimulai dengan kedatangan Menteri Pertahanan yang disambut oleh barisan pasukan dari ke tiga angkatan TNI yag terdiri dari Kopassus, Marinir dperesmian2an Paskhas. Menteri Pertahanan juga disambut Tarian Merak untuk mengantarkan ke dalam gedung serba guna Pusdiklat Bela Negara. Acara dilanjutkan dengan paparan Kabadiklat Kemhan tentang organisasi Pusdiklat Bela Negara dan Sarana dan Prasana yang ada di Lokasi Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan, dilanjutkan dengan acara inti yang diselenggarakan di depan Gedung Mako Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan, yang dimulai dari Pengguntingan Pita, Penandatanganan Prasati dan penekanan tombol serine sebagai tanda telah diresmikannya Pusdiklat Bela Negara sebagai Sub Satker Baru di Lingkungan Badiklat Kemhan. Acara selanjutnya kunjungan Menteri Pertahanan dan undangan lainya ke gedung-gedung dan fasilitas lainnya. Kunjunperesmia4gan Menteri dan Undangan untuk melihat dari dekat Pusdiklat Bela Negara yang memulai pembangunananya pada tahun 2014 di bangun di atas lahan seluas 21,33 hektar dilengkapai dengan fasilitas sarana dan prasarana yang meliputi Kantor, Mess/Barak dengan kapasitas 264 orang siswa Putra dan 96 orang siswa putri, Kelas Lapangan, Aula Serba Guna, Montenering, Lapangan Spak Bola, Poliklinik, Masjid, Rumah Dinas, Rumah Makan dan Dapur.

Di Akhir kunjungan ke gedung dan fasilitas yang ada di Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan Menteri Pertahanan dan seluruh undangan mengikuti acara ramah tamah di area stadion Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan yang dihibur oleh beberapa artis Ibu Kota. Di akhir acara Menteri Pertahanan didampingi Kabadiklat memberikan keterangan kepada para awak media seputar Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia