Out Bond

Rabu, 14 Februari 2018

Out Bound: melatih kepemimpinan, manajerial dan membentuk karakter pribadi peserta didik

Jakarta(Rabu, 07/02) Melalui out bound peserta Diklat tidak saja berinteraksi dengan alam, namun juga berinteraksi dengan widyaiswara dan sesama peserta diklat, sehingga diharapkan akan dapat membangun kerja sama, komunikasi dan interaksi yang dapat meningkatkan semangat belajar selama mengikuti Diklat di lingkungan Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan.

Hal tersebut disampaikan Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kabid Opsdiklat Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan Kolonel Adm Sarma Balige Panjaitan, S.Sos saat membuka kegiatan Out Bound peserta Diklat Teknis Cyber Defence Tingkat Terampil Kemhan TA. 2018 di Buperta Cibubur.

Selanjutnya sesi foto bersama antara Peserta Out Bound dengan Penyelenggara Our Bound. Di lanjutkan dengan kegiatan perlomabaan permainan olah raga, olah rasa dan olah fikir di Pendopo Kempi 1 Buperta Cibubur salah satu fasilitator menunjuk salah satu siswa untuk menyebutkan nama dan satuan kerja teman-temannya di kelompoknya selanjutnya fasilitator menunjuk salah satu siswa menyebutkan nama dan satuan kerja teman-temanya semua kelompok apabila tidak tahu nama dan satuan kerjanya bersalaman sambil menyembutkan nama dan satuan kerjanya, membuat baris sependek-pendeknya, membuat baris sepanjang-panjangnya dan lain-lainnya setiap juara mendapat hadiah bendera.

Setelah selesai melaksanakan kegiatan tersebut peserta melaksanakan out bound dan arung alam yang dilepas oleh Kabid Opsdiklat Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan. Sebelum di berangkatkan Kabid Opsdiklat memberikan petunjuk arah peta titik pos yang harus dilalui peserta Out Bound. Peserta Out Bound dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok, tiap kelompok melewati 4 (empat) pos di tiap pos melaksanakan permainan yaitu Pos I jenis permainannya Lingkaran Penyelamat, Pos 2 jenis permainannya Mendirikan Tiang Bendera, Pos 3 jenis permainannya Menjinakkan Bomb dan Pos IV jenis permainannya Stick and Ball dengan waktu permainan 10 Menit dan 5 menit untuk mencoba.

Tujuan kegiatan Out Bound adalah melatih kepemimpinan, manajerial dan membentuk karakter pribadi setiap peserta diklat, antara lain kemandirian, keberanian, percaya diri, tanggung jawab dan empati yang merupakan nilai dasar yang harus dimiliki setiap orang. Diharapkan melalui pelatihan dalam bentuk permainan-permainan tersebut dapat menjadi sebuah pengalaman yang membekali diri peserta dalam melaksanakan tugas.

Kegiatan tersebut di akhiri dengan peleburan yaitu tiga kelompok di lembur menjadi satu kelompok yaitu kelompok Diklat Cyber Defense selanjutnya mengisi lembar evaluasi penyelenggaraan Out Bound.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia