Antisipasi Menghadapi Bencana Gempa Bumi

Selasa, 16 Oktober 2018

Jakarta, Jumat, 12 Oktober  20018, Ses Badiklat Kemhan memberikan arahan kepada personel Set Badikalt Kemhan dan Pusdiklat Tekffunghan Badiklat Kemhan di lapangan Apel Badiklat Kemhan tentang tata cara mengantisipasi menghadapi Becana Gempa Bumi,  Bencana alam gempa bumi memang seringkali banyak menimbulkan korban jiwa. Selain itu juga, gempa bumi merupakan salah satu jenis bencana yang tidak bisa diprediksi seperti bencana alam yang lain seperti gunung meletus atau banjir.  Sehingga memang tatkala gemba bumi tersebut secara tak sengaja terjadi ada baiknya jika kita mempersiapkan dulu dan juga langkah-langkah apa saja yang mesti dilakukan saat gempa bumi datang.

Meskipun gempa bumi tergolong bencana alam besar, namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menanggulanginya, yaitu:

1. Dengar Informasi secara seksama

Saat gempa bumi besar terjadi, bersikap tenang dan bertindak sesuai informasi yang terpercaya seperti informasi yang didapat dari pihak berwenang atau polisi.

2. Ketika berada di dalam ruangan

Gempa bumi mungkin saja terjadi ketika kita berada didalam ruangan seperti rumah, gedung, mall. Ambillah tindakan untuk berlindung di bawah meja atau lindungi kepala agar tidak terimbuh reruntuhan seumpamana gempa bumi sangat besa. Jangan panik, tetap bersikap teang.Mulailah keluar secara perlahan dan perhatikan sekitar takut ada reruntuhan yang berjatuhan. Segeralah cari bantuan terdekat jika terdapat orang yang sudah tertimbun reruntuhan.

gempa1




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia