Pembukaan Praktik Bahasa di Lapangan Personel ADF

Kamis, 18 Oktober 2018

pelatihan adfl

Pembukaan Praktik Bahasa di Lapangan Personel ADF

Jakarta, Senin, 15/10/2018. Kabid Opsdiklat Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Kol Caj Drs. Hasanuddin Salsab, M.Ed. secara resmi membuka Praktik Bahasa di Lapangan (PBL) bagi Personel Australian Defence Forces (ADF) di Indonesia.

Untuk yang ketiga kalinya Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Praktik Bahasa di Lapangan (PBL) bagi personel Australian Defence Forces (ADF) yang sedang mempelajari bahasa Indonesia di Australia. Mempelajari bahasa tidak dapat dipisahkan dari mempelajari budaya. Untuk mendapatkan pengalaman berbahasa dan mendalami budaya dari bahasa yang sedang dipelajari, metode yang paling efektif adalah langsung berada di negara tempat bahasa tersebut digunakan, seperti yang sedang dilakukan personel ADF saat ini.

Kegiatan PBL ini diikuti oleh 8 orang peserta dengan 2 orang pendamping dan akan berakhir tanggal 25 Oktober 2018.

Kegiatan PBL yang akan berlangsung selama 2 minggu ini bertujuan untuk memberikan bekal pengalaman kepada para peserta yang sedang belajar bahasa Indonesia untuk mempraktikkan kemampuan berbahasa Indonesianya dengan berinteraksi secara langsung dengan berbagai lapisan masyarakat di Jakarta, yang menggunakan ragam bahasa formal maupun informal. Selama melaksanakan PBL, peserta akan didampingi oleh para mitra, yaitu para instruktur bahasa dan staf dari Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan. Setelah mengikuti PBL ini, peserta diharapkan mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, benar dan lancar dalam percakapan formal maupun informal sebagaimana yang digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat Indonesia dan sekaligus dapat memahami budayanya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia