Penutupan KIBI dan KIBA PKO

Jumat, 30 November 2018

Jakarta, Kamis 22 November 2018. Bertempat di Aula Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan, Jalan Jati No. 1 Pondok Labu Jakarta Selatan, Kabid Evkat Mutu Diklat Kolonel Laut (KH) Puji Santoso, S.Pd., M.A., selaku irup menutup secara resmi Kursus Intensif bahasa Inggris Ke-19 dan Kursus Intensif Bahasa Prancis Ke-2 Bagi Pasukan Pemelihara Perdamaian PBB TA. 2018.

Dalam amanatnya irup menyampaikan bahwa, kursus yang baru ditutup tersebut adalah salah satu langkah untuk meningkatkan kemampuan dengan keterampilan berbahasa sebagai bekal untuk melaksanakan tugas sebagai anggota Pasukan Pemelihara Perdamaian PBB. Bekal bahasa Inggris dan Prancis yang dimiliki saat ini merupakan sarana komunikasi yang sangat penting untuk dapat berinteraksi dan berkoordinasi dengan pasukan pemelihara perdamaian dari negara lain saat melaksanakan tugas. Walaupun kursus telah ditutup bukan berarti proses pembelajaran bahasa tersebut telah selesai, upayakan terus untuk lebih meningkatkan kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa yang telah Saudara pelajari di Pusdiklat Bahasa ini. Kemampuan berbahasa Inggris dan Prancis hendaknya terus dipelihara dan bahkan ditingkatkan. Memelihara kemampuan berbahasa asing setelah mengikuti pendidikan, akan jauh lebih sulit dibandingkan meningkatkannya ketika Saudara masih berada di dalam pendidikan. Tetapi, dengan kemauan dan motivasi yang tinggi maka banyak cara yang dapat dilakukan untuk memelihara dan meningkatkan keterampilan berbahasa. Manfaatkan kemajuan teknologi informasi yang ada untuk mengasah keterampilan berbahasa Inggris dan Prancis Saudara, karena banyak situs yang dirancang khusus bagi pembelajaran bahasa di dunia maya.

tutupperancisDalam mengakhiri amanatnya, kepada para alumni irup mengucapkan selamat jalan, selamat bertugas di negara penugasan. Dan berpesan agar agar selalu menjaga harga diri, martabat, dan nama baik negara dan bangsa serta tetap galang soliditas serta jiwa korsa TNI.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia