Penutupan Susjemen Renggarhan Angk. XLVII dan Asusdasjemen Han Angk. XII TA. 2019

Kamis, 2 Mei 2019

Jakarta, Selasa 16 April 2019. Bertempat di Aula Pusdiklat Jemenhan Badiklat Kemhan Gedung LB Moerdani lantai V, Jalan Jati Nomor 1 Pondok Labu Jakarta Selatan, Kapusdiklat Jemenhan Badiklat Kemhan Brigadir jenderal TNI Suharto Lebang, S.IP., MM menutup secara resmi Susjemen Rengar Pertahanan Angkatan XLVIII dan Asusdasjemen Pertahanan Angkatan XII TA.  2019.

Dalam amanatnya, Kapusdiklat Jemenhan menjelaskan bahwa seiring dengan tuntutan tugas dalam organisasi Pemerintah, dukungan Sumber Daya Manusia (SDM).

menjadi sangat penting untuk menjamin terselenggaranya pemerintahan yang baik transparan dan akuntabel. Sumber daya manusia sebagai aparatur negara memiliki peranan strategis dalam keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan nasional. Sosok aparatur yang mampu melaksanakan peran tersebut adalah para personel yang memiliki kompetensi dalam bidangnya.

Lebih lanjut Brigjen Suharto Lebang menegaskan bahwa Susjemen Rengar Pertahanan adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan pengetahuan di bidang perencanaan dan penganggaran pertahanan. Dalam konteks ini Diklat yang diselenggarakan dirancang sedemikian rupa untuk mewujudkan sumber daya manusia yang siap untuk ditempatkan pada posisi-posisi sebagai staf perencanaan dan penganggaran pertahanan di Kementerian Pertahanan dan TNI.

Selanjutnya menurut Kapusdiklat Jemenhan, Diklat Susdasjemen Pertahanan adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan yang mampu mengelola kegiatan dan mengaplikasikan bahan rumusan pengelolaan sumberdaya pertahanan negara.

Jenderal Suharto Lebang berkeyakinan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar telah terjadi interaksi yang intens sebagai bentuk transfer of knowledge, baik teori maupun praktik. Pembekalan secara keilmuan, baik untuk Susjemen Rengar Pertahanan maupun Susdasjemen Pertahanan diharapkan cukup untuk membekali para alumni Diklat dalam melakukan perubahan dan pembaharuan di kesatuan masing masing. Kapusdiklat Jemenhan berharap agar peningkatan kapasitas diri tidak berhenti di lembaga Diklat saja. Kemampuan dan keterampilan yang sudah diterima hendaknya terus dipelihara dan dikembangkan dari waktu ke waktu.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia