International Day Ke-4 2019

Selasa, 7 Mei 2019

Jakarta,Rabu (24/4/2019). Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan menyelenggarakan acara Pengenalan Budaya International Ke-4. Hadir dalam acara tersebut antara lain Ses Badiklat Kemhan Laksamana Pertama TNI Hendrawan B.P. dan pejabat teras di lingkungan Badiklat Kemhan.

Salah satu upaya membantu percepatan penguasaan suatu bahasa asing adalah dengan mengenali, mempelajari, dan memahami budaya serta kebiasaan yang berlaku di negara asal bahasa tersebut. Kegiatan pengenalan budaya yang rutin dilaksanakan oleh Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan di semester pertama adalah International Day, suatu wahana bagi para siswa untuk mengeksperikan pemahaman meraka terhadap budaya dari masing-masing negara yang bahasanya sedang dipelajari, melalui penampilan seni dan pendirian stand yang berisi pernak-pernik dan makanan serta minuman negara tersebut.

Selain itu kegiatan dimaksud juga digunakan sebagai sarana berinteraksi dan mencairkan hubungan antar siswa, baik antar siswa Indonesia yang sedang mempelajari bahasa asing maupun dengan siswa dari negara-negara sahabat yang sedang mempelajari bahasa Indonesia.

Kegiatan International Day 2019 ini merupakan kegiatan yang keempat kalinya diselenggarakan oleh Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan dan mengambil tema “Budaya Sulawesi Utara”. Sebagai salah satu propinsi yang ada di Indonesia bagian tengah, Sulawesi Utara memiliki tradisi dan budaya yang berbeda.Begitu pula dengan kulinernya. Mengingat ada beberapa siswa mancanegara yang sedang mengikuti kursus bahasa Indonesia di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan. Pada kesempatan ini ingin memperkenalkan beberapa kuliner yang berasal dari propinsi ini, di antaranya bubur menado, ikan woku, dan beberapa snak khas Sulawesi Utara seperti klapper taart, lalampah, dan panada. Kegiatan kali ini juga diikuti oleh beberapa personel Australian Defence Forces yang sedang melaksanakan Praktek Bahasa Lapangan (PBL) di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan.

 

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia