Caraka Malam untuk Peserta Latsar Badan EkonomiKreatif TA. 2019

Rabu, 12 Juni 2019

Jakarta,  (Jumat, 26 April 2019). Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan Ir. Bennyta Suryo Septanto, M.T. pada pukul 22.00 WIB menyalakan Api Semangat Bela Negara sebagai tanda telah terselenggaranya kegiatan caraka malam untuk Peserta Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Badan Ekonomi Kreatif TA. 2019.  Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Pembelajaran yang telah ditentukan oleh Lembaga Administrasi Negara dalam Pedoman Kurikulum Penyelenggaraan Latsar.

Pada pukul 18.30 WIB peserta Latsar Bekraf dikumpulkan di lapangan Area Parkir Kawasan Aboretrum Sanggar Wana Bakti Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur untuk menerima Materi Api Semangat Bela Negara dari Koordinator Caraka Malam. Pada pukul 07.00 WIB sebanyak 70 peserta lengkap dengan atribut pakaian seragam out bond mengikuti kegitan Caraka Malam.

Kawasan Hutan Aboretrum Cibubur yang ditumbuhi pohon-pohon besar dan semak-semak yang rimbun, menambah suasana seram. Hal tersebut menjadi pertimbangan sebagai tempat untuk kegiatan Caraka Malam.  Route medan yang ditempuh oleh peserta Latsar sangat menantang, selain jalan setapak yang licin, dengan kiri kanan ditumbuhi semak belukar yang timbun dan pepohonan yang besar-besar ditambah dengan perjalanan menuju tiap-tiap pos, peserta Latsar ditakut-takuti adanya kuburan, pocong-pocongan, bau kemenyan, dupa dan suara-suara menyeramkan. Hal tersebut menjadi tuntutan siswa Latsar tiap kelompok saling bekerjasama dan fokus, berpegang tangan menyusuri jalan setapak supaya tidak terpeleset.

Pada pos kesatu sebagai pos pemberangkatan peserta dilepas untuk berjalan 8 (delapan) orang.  Saat  melewati route tersebut peserta diberikan kata sandi, apabila saat melewati pos petugas pos tidak membalas ucapan kata sandi dari siswa berarti musuh. Tiap kelompok diberikan berita yang wajib untuk dijaga kerahasiaannya dan harus disampaikan saat tiba di pos terakhir.

Penyelenggara menyiapkan 7 pos didalam Kawasan Hutam Aboretrum Cibubur yang harus setiap kelompok dilewati, setiap pos peserta diberikan pertanyaan tentang nilai-nilai muatan bela Neggara oleh petugas pos yang harus dijawab oleh setiap peserta dianggota kelompok tersebut. Jawaban tersebut akan dinilai oleh petugas Pos.

.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia