Upacara Pembukaan Diklat Kader Bela Negara

Rabu, 19 Juni 2019

Jakarta,  (Senin, 17 Juni 2019).  Bertempat di Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan Desa Cibodas, Kec. Rumpin , Kab. Bogor Kapusdiklat  Bela Negara Badiklat Kemhan Brigjen TNI Kartiko Wardani, M.Tr. (Han), mewakili Kabadiklat Kemhan Laksma TNI Benny Rijanto RudyS, M.B.A., membuka upacara Pembukaan Diklat Kader Bela Negara di lingkungan Pekerjaan bagi Pegawai Lembaga Penjamin Simpanan, Bank Rakyat Indonesia Angkatan IX dan Bank Mandiri Angkatan IV Tahun 2019.

Dalam amanatnya Kabadiklat Kemhan menyampaikan bahwa Bela Negara adalah sebuah konsep yang disusun sebagai diamanatkan dalam UUD 1945, Pasal 27, ayat (3) bahwa “Setiap warga negara berhakdan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.

Lebih lanjut dalam amanatnya Kabadiklat Kemhan menegaskan bahwa Pembinaan Bela Negara diarahkan untuk menangkal faham-faham, ideologi dan budaya Indonesia.  Bela Negara dilakukan secara berkesinambungan melalui Diklat serta sosialisasi, sehingga dapat menjadi landasan yang kokoh terhadap ketersediaan sumber daya pertahanan.

Hakekat Pembinaan kesadaran Bela Negara adalah upaya untuk membangun karakter bangsa Indonesia yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme serta ketahanan nasional demi terwujudnya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta terpeliharanya pelaksanaan Pembangunan Nasional guna mencapai tujuan Nasional.

Pesan dari Kabadiklat Kemhan agar peserta Diklat mengikuti semua aturan dan ketentuan yang berlaku di Pusdiklat Bela Negara ini serta laksanakan semua instruksi dari pengajar dan pelatih.  Jangan pernah mengenal kata menyerah dan tetap semangat.

Dalam sambutan terakhirnya selaku Kabadiklat Kemhan mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Penjamin Simpanan, Bank Rakyat Indonesia dan Bank Mandiri  yang telah mempercayakan kepada Badiklat Kemhan untuk mendidik dan melatih Pegawainya.  Mereka akan dilatih kemampuan awal Bela Negara sehingga dapat diaplikasikan dalam lingkungan pekerjaannya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia