Penutupan Diklat Kader Bela Negara untuk Wakasek dan Guru PPKN di Bandung

Sabtu, 27 Juli 2019

Bandung, Rabu, 17 Juli 2019. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, mengatakan Pada hakekatnya pembinaan kesadaran bela negara adalah bagian dari upaya pembentukan karakter bangsa secara loyalitas. Yang mencerminkan karakter Pancasila yang didalamnya berisi nilai- nilai luhur kebangsaan, dan nilai nilai juang 45 demi mempertahankan eksitensi negara.

Pernyataan itu dikatakan dalam rangkaian Penutupan kegiatan  Training of Fasilitator (ToF) Diklat Kader Bela Negara bagi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Guru PPKN se Jawa Barat, bertepatan dengan rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun SMAT Krida Nusantara yang ke -25 yang dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2019 dan diikuti 176 Guru di lingkungan Pendidikan Provinsi Jawa Barat bertempat di GOR SMA Terpadu Krida Nusantara, Bandung, Jawa Barat.

Lebih lanjut Menhan menekankan kembali, bahwa kesadaran bela negara merupakan bagian integral dan tidak terpisahkamn dari gambar besar strategi  pertahanan negara. Kedudukan wilayah Indonesia, beserta seluruh sumber daya,  kedaulatan dan kemerdekaannya selalu berpotensi menghadapi berbagai potensi ancaman mulai dari ancaman nyata, ancaman belum nyata dan ancaman terhadap mindset bangsa untuk menghancurkan ideologi negara.

Kemhan berharap,  agar dunia pendidikan di Indonesia ini tidak hanya mencetak intelektual muda yang cerdas, tetapi juga mencetak para pemimpin. Bangsa di masa depan yang memiliki sifat kenegaraan yaitu memiliki kecintaan kepada tanah air, rela berkorban bagi bangsa dan negara, setia kepada Pancasila dan cita-cita negara.

Dengan demikian akan terwujud kader- kader pemimpin yang selalu berada di depan, dalam memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongannya. “Para intelektual muda ini akan selalu menjadi rote model bagi generasi muda lainnya di Indonesia maupun dunia”, tegas Kemhan.

Hadir mendampinghi Kemhan Pada acara Penutupan ToF tersebut Pengurus Yayasan Krida Nusantara IBU Tuti Try Sutrisno, Kabadiklat Kemhan, Dir Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan, Karo Humas Setjen Kemhan, Karoum Setjen Kemhan, Karo TU Setjen Kemhan, Kabag Sisjamtu Diklat Set Badiklat dan Protokol Setjen Kemhan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia