Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia

Senin, 19 Agustus 2019

Jakarta, Sabtu, 17 Agustus 2019. Bertempat di lapangan Apel  Badiklat Kemhan Jln. Salemba Raya No. 14 Jakarta Pusat, tepat pukul 07.00 WIB dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemeredekaan Republik Indonesia di lingkungan Badiklat Kemhan tanggal 17 Augustus 2019 yang diikuti oleh Pejabat Eselon III, IV, personel Set Badiklat, personel Pusdiklat Tekfunghan dan seluruh Siswa Diklat Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan.

 

Sebagai Inspektur Upacara HUT RI ke-74 Tahun di lingkunag Badiklat Kemhan adalah Ses Badiklat Kemhan Laksmana Pertama TNI Hendrawan B.P., dalam amanat Menhan yang dibacakan oleh Inspekur Upacara menyampaikan bahwa pelaksanaan Upacara Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI ini, merupakan sarana untuk menyegarkan kembali ingatan kita atas pengorbanan, kegigihan dan keteguhan serta semangat para pejuang kemerdekaan . Selain itu, Peringatan ini harus menjadi momentum bagi kita warga Kemhan untuk kembali merenungkan dan meneladani semangat patriotisme, nilai-nilai kebangsaan serta kerja keras yang diwariskan oleh para pejuang Kemerdekaan.

Tema national Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 kali ini adalah “SDM UNGGUL INDONESIA MAJU”. Sumber Daya Manusia (SDM) unggul adalah manusia Indonesia yang lahir dan timbul dalam kondisi kesehatan yang baik, mendapatkan  pendidikan yang berkualitas dan memiliki karakter kuat, sehingga siap bersaing di tengah situasi global yang kompetitif.

Sejalan dengan itu Kemhan terus meningkatkan program pembangunan SDM pertahanan negara dengan berbagai cara diantaranya adalah penanaman nilai-nilai bela negara dan pemberian pendidikan kepada seluruh pegawai dan prajurit TNI. Hal ini disesuaikan juga dengan visi Presiden RI dalam pembangunan SDM agar terjadi percepatan peningkatan kualitas SDM apatarur. Ini untuk membentuk generasi SMART ASN demi terwujudnya birokrasi kelas dunia. SMART ASN harus memiliki 8 (delapan) karakteristik global, memiliki kemampuan IT dan bahasa asing, hospitality, networking,  serta entrepreneurship. Dengan demikian, semangat membangun SDM yang kita lakukan akan dapat mewujudkan keberhasilan berupa prestasi-prestasi bagi bangsa Indonesia yang pada akhirnya menjadikan Indonesia maju di mata dunia.

Dalam konteks pertahanan negara, Kemhan telah berhasil melaksanakan berbagai pembangunan di bidang pertahanan serta mencetak SDM unggul guna mewujudkan Indonesia maju. Keberhasilan ini disesuaikan dengan kebijakan pertahanan negara,diantaranya:

  1. Mewujudkan TNI Yang Professional.
  2. Mewujudkan Pertahanan Yang Mampu Menjaga Keamanan Wilayah.
  3. Meningkatkan Kerjasama Pertahanan Dengan Negara-Negara Sahabat Dan Meningkatkan Pengiriman Pasukan Misi Perdamaian PBB.
  4. Industrial Pertahanan Kuat, Mandiri, Berdaya Saing.
  5. Mewujudkan Kesadaran Bela Negara.

Tahun 2019, Kemhan/TNI telah membentuk sebanyak 83.458.360 kader bela negara. Diharapkan upaya ini dapat mewujudkan SDM Indonesia unggul yang memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban, taat pada aturan hukum, menjadi SMART ASN, disiplin, serta bekerja professional sesuai bidang pengabdiannya.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia