Upacara Penutupan Suskat Manajemen Peningkatan Kompetensi Mengajar TA. 2019

Senin, 28 Oktober 2019

Jakarta, Rabu, 2 Oktober 2019. Bertempat di Aula Pusdiklat Jemenhan Badiklat Kemhan Gedung LB Moerdani Lantai V, Kabidrendiklat Pusdiklat Jemenhan Badiklat Kemhan Kolonel Inf Werdi Widodo, S.Psi mewakili Kapusdiklat Jemenhan Badiklat Kemhan menutup secara resmi Kursus Singkatt Manajemen Peningkatan Kompetensi Mengajar TA. 2019. Upacara dihadiri oleh para tamu undangan dan pejabat Eselon III dan IV Pusdiklat Jemenhan Badiklat Kemhan.

Dalam  amanatnya, Kapusdiklat Jemenhan, Laksamana Pertama TNI Ir. Erwan Heruwicaksono, M.T.I., M.Han antara lain mengatakan bahwa komptensi mengajar menjadi suatu persyaratan bagi seorang Widyaiswara untuk tampil percaya diri di depan kelas dalam melaksanakan trnasfer of knowledge. Sebagai pengajar, seorang Widyaiswara harus mau dan mampu untuk melaksanakan pembaharuan secara kontinue dalam menjalankan profesi kewidyaiswaraan.

Laksma Ir.Erwan Heruwicaksono percaya bahwa para alumni memiliki pasion dalam dunia mengajar serta memiliki kecerdikan dalam mencari teknik mengajar terbaik melalui metode yang bisa diaplikasikan kepada peserta didik yang memiliki latar belakang berbeda-beda.

Kapusdiklat Jemenhan selanjutnya menegaskan bahwa seorang Widyaiswara seyogyanya memiliki standar kompetensi mengajar, diantaranya adalah memiliki kemampuan menyusun bahan pembelajaran dan kemampuan menyusun Rencana Pembelajaran (RP).  Selain itu Widyaiswara juga harus menguasai metode pengajaran efektif yang mengacu pada pronsip menyampaikan meteri secara tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran serta kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti peserta Diklat.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia