Pembukaan Praktik Bahasa di Lapangan Personel ADF

Kamis, 7 November 2019

Jakarta, Senin, 4 November 2019. Kabid Opsdiklat Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Kolonel Caj Drs.  Hasanuddin Salsab, M.Ed., mewakili Kapusdiklat Bahasa secara resmi membuka Praktik Bahasa di Lapangan (PBL) bagi Personel Ayustralian Defencee Forces (ADF) di Indonesia.

Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Praktik Bahasa di Lapangan (PBL) bagi Personel Australian Defence Forces (ADF) yang sedang mempelajari bahasa Indonesia di Aultralia. Mempelajari bahasa tidak dapat dipisahkan dari mempelajari budaya. Untuk mendapatkan pengalaman berbbahasa dan mendalami budaya dari bahasa yang sedang dipelajari, metode yang paling efektif adalah langsung berda di negara tempat bahasa tersebut digunakan, seperti yang sedang dilakukan personel ADF saat ini.

Kegiatan PBL ini diikuti oleh 15 orang peserta dengan 4 orang pendamping yaitu Mrs. Ratna Setiabudi, Mr.  Agustinus Triyanto, Ms. Anna Day dan Ms.  Elisabeth Riharti.

 

kegiatan PBL yang akan berlangsung selama 2 minggu dan akan berkahir pada tanggal 14 November 2019, ini bertujuan untuk memberikan bekal pengalaman kepada para peserta yang sedang belajar bahasa Indonesia untuk mempraktikan kemampuan berbahasa Indonesia dengan berinteraksi secara langsung dengan berbagai lapisan masyarakat di Jakarta, yang menggunakan ragam bahasa formal maupun informal. Selama melaksanakan PBL, peserta akan didampingi olehpara mitram yaitu iinstruktur dan staf dari Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan. Setelah mengikuti PBL ini, pesera diharapkan mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, benar dan lancar dalam percakapan formal maupun informal sebagaimana yang digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat Indonesia dan sekaligus dapat memahami budayanya.

Turut hadir dalam acara pembukaan PBL ini antara lain Atase Pertahanan (Athan) Australia untuk Indonesia Brigadir General Justtin MT Roocke, Kolonel Roni Pasaribu Paban B-5 Bais TNI, Letkol Ahmad Rohman dari Ditkersin serta para undangan di lingkungan Badiklat Kemhan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia