MENCIPTAKAN KEPERCAYAAN ANTAR SESAMA PESERTA DIKLAT

Rabu, 15 Januari 2020

Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020. Tujuan metode outbound dalam pembelajaran adalah membentuk kelompok dalam permainan yang bisa memberikan peserta sebuah pengalaman Baru, menumbuhkan rasa percaya diri, kerjasama, tanggung jawab, kepemimpinan, dapat berkomunikasi efektif sesama peserta Diklat sehingga menimbulkan adanya saling pengertian dan saling percaya antar sesama peserta Diklat. Diharapkan nilai-nilai tersebut dapat tertanam dalam diri peserta Diklat dibawa saat pembelajaran di Lembaga Diklat ataupun nanti dalam pekerjaan disatuan kerja masing-masing. Maka output dari kegiatan outbound berdampak pada keseriusan dalam mengikuti Diklat sampai akhir penyelenggaraan Diklat.

Hal tersebut diterapkan di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan dalam penyelenggaraan Diklat Teknis Alih Golongan dari Golongan II ke Golongan III bagi PNS Gelombang I, Diklat Teknis Administrasi Umum Tk. II dan Diklat Teknis Cyber Defence Tingkat Terampil TA. 2020. Sesuai dengan ketentua. Kurikulum yang disyahkan oleh Pimpinan. Kegiatan awal sebelum peserta Diklat diberikan material pembelajaran Peserta Diklat diberika. Pembelajaran Dinamika Kelompok/Outbound yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan  Cibubur Jakarta Timur.

Para peserta Outbound melaksanakan permainan mendirikan tiang bendera, memasukkan pensil dalam botol, traffic jump dan kura-kura tknja.

Nadir pads kegiatan Outbound tersebut Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan, Kabid Opsdiklat, Kabid Evkat Mutu Diklat, Kasubbid Opsdiklat, Pasilitator, Ka  Kursus dan Pembina serta Star pendukung lainnya.

 

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia