Pembukaan Suspimjemen Han dan Susdasjemen Han TA. 2020

Senin, 3 Februari 2020

Jakarta, 30 January 2020. Bertempat di Aula Gedung Moerdani Lt. V Pusdiklat Jemehan Badiklat Kemhan, Kabadiklat Kemhan Laksamana Muda TNI Benny Rijanto Rudy S., M.B.A. membuka Diklat Suspimjemen Pertahanan Angkatan XV dan Susdasjemen Han Angkatan XIII TA. 2020. Turut hadir para tamu undangan Dan Pejabat Eselon III, IV dan Widyaiswara Madya  Pusdiklat Jemenhan Badiklat Kemhan.

Dalam amanatnya Kabadiklat Kemhan menyampaikan bahwa akhir-akhir ini kita disuguhi dengan berita tentang kasus pencurian ikan di wilayah kepulauan Natuna oleh nelayan Tiongkok disertai klaim batas wilayah secara historis yang dikenal dengan Nine Dash Line. Indonesia menolak klaim tersebut karena kepulauan Natuna adalah wilayah kedaulatan NKRI berdasarkan ketetapan United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) Tahun 1982. Selain keamanan wilayah perbatasan laut, keamanan wilayah perbatasan darat juga menjadi salah satu concern, karena berbagai faktor kerawanan serig terjadi di wilayah perbatasan termasuk tindak kejahatan lintas Negara. Selanjutnya juga harus menghadapi  persoalan menyangkut keamanan wilayah. Gerakan separatis yang dikenal dengan istilah KKB (Kelompom Kriminal Bersenjata) masih saja terjadi dan memakan korban jiwa prajurit maupun masyarakat seperti yang bterjadi di Wamena Papua. Dari berbagai permasyalahan diatas, baik wilayah perbatasan laut, perbatasan darat maupun kerawanan di wilayah tertentu di  negeri ini mendapat dipastikan bahwa ancaman terhadap keutuhan negara dan bangsa serta kedaulatan wilayah adalah nyata ada di depan mata. Berbagai kerawanan yang terjadi yang tengah dan akan dihadapi, memerlukan kehadiran sosok pemimpin yang mampu menjawab tantangan tersebut. Kehadiran para pemimpin Kemhan dan TNI yang kompeten di bidang Pertahanan mutlak diperlukan dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI, dan Diklat Suspimjemen Han diadakan bertujuan untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Lebih lanjut dalam amanatnya Kabadiklat Kemhan, sebagaimana hakekat kepemimpinan yang telah diuraikan diatas. Kursus Manajemen yang sama-sama dibuka hari ini bertujuan until membekali para peserta Diklat agar memiliki kemampuan yang memadai Dari Aspen sikap, perilaku, pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan tugas para level eselon IV. Para peserta Diklat nantinya diharapkan mampu menyiapkan bahan rumusan pengelolaan Sumner daya Pertahanan negara.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia