Bimbingan Teknis Aplikasi Pengawasan Anggaran TA. 2020.

Selasa, 3 Maret 2020

Jakarta, Selasa, 18 Februari 2020. Mewakili Kabadiklat Kemhan Laksda TNI Benny Rijanto Rudy S., M.B.A., Ses Badiklat Kemhan Laksma TNI Hendrawan B.P. bertindak sebagai inpektur upacara Pembukaan Bimtek Aplikasi Anggaran TA. 2020 bertempat di Ruang Kelas Lantai II Gedung Unhan Kemhan. Bimtek Aplikasi Wasgar diikuti sebanyak 15 peserta dari Badiklat Kemhan  yang dilaksanakan mulai tanggal 18 s.d. 21 Februari 2010 dengan Nara Sumber dari Staf Pusdatin Kemhan.

Konsep dasar pengawasan anggaran bertujuan untuk mengukur, membandingkan, menila alokasi biaya dan tingkat penggunaannya. Dengan kata lain, pengawasan anggaran diharapkan dapat mengetahui sampai dimana tingkat efektifitas dan efisiensi dari penggunaan sumber-sumber Dana yang tersedia.

Pertanyaan pokok yang berkaitan dengan pengawasan anggaran adalah seberapa besar tingkat kesesuaian antara biaya yang dialokasikan untuk setiap komponen dalam anggaran dengan realisasi anggaran. Untuk mengantisipasi terjadinya ketidaksesuaian antara rencana  dengan realisasinya adalah dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam sistem pengelolaan anggaran.

Pemanfaatan TIK pads proses pengelolaan anggaran menjadi kebutuhan yang penting untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pengolahan data dan informasi di bidang anggaran sehingga dapat mendukung sistem manajemen keuangan dan mempercepat terwujudnya reformasi birokrasi.

Oleh karena itu untuk meningkatkan keterampilan personel Badiklat Kemhan dalam pengelolaan dan penyelenggaraan administrasi keuangan secara elektronik, maka dipandang perlu dilaksanakan Bimtek Aplikasi Pengawasan Anggaran.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia