Penutupan KIBINA Tk. Dasar ke-18 dan KIB Jepang

Selasa, 31 Maret 2020

Jakarta, Jumat, 27 Maret 2020. Bertempat di Ruang Rapat Pusdiklak Bahasa Badiklat Kemhan Jln. Jati No. 1 Pondok Labu Jakarta Selatan Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Brigjen TNI Yudhy Chandra Jaya, M.A. menutup secara resmi Kursus Intensif Bahasa Indonesia (KIBINA) Tingkat Dasar ke-18 dan Kursus Bahasa Jepang bagi Calon Taruna National Defence Academy (NDA) puku 11.00 WIB.

Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan menyampaikan bahwa ijazahn yang para alumni miliki bukan sekedar bukti bahwa para alumni pernah belajar di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan, namun sebagai bukti bahwa telah mampu berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dengan  baik dan benar para level tertentu. Saat ini, Bahasa Indonesia mulai berkembang dan diminati oleh negara-negara sahabat seiring dengan  meningkatnya kerjasama bidang teknologi, perdagangan, sosial budaya dan militer. Tidak mustahil, pada suatu saat nanti para alumni akan menjadi ujung tombak diplomasi kerjasama bagi negara para alumni berasal dengan Indonesia.

Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan mengajak untuk meningkatkan terus kemampuan berbahasa Indonesia di lingkungan baru. Harapan Kapusdiklat adalah agar  Bahasa Indonesia yang telah didapatkan selama di Pusdiklat Bahasa ini membantu keberhasilan dalam melaksanakan tugas belajar selanjutnya.

Kepada para calon Taruna NDA, meskipun dalam waktu yang sangat singkat, jadikanlah kemampuan berbahasa Jepang yang sangat terbatas tersebut sebagai bekal awal pembelajaran  di NDA Jepang nanti. Ibarat snow ball effect, semakin lama bergulir maka akan semakin membesar, demikian juga kemampuan berbahasa Jepang yang anda miliki saat ini diharapkan akan meningkat dengan signifikan pada saat anda di Jepang.

Selain itu Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan juga berharap agar para Taruna dapat membawa nama baik bangsa dan negara dengam mencerminkan perilaku dan kinerja yang baik. Promosikan nama baik bangsa dan negara Indonesia. Galang persaudaraan atau networking antar Taruna di lembaga baru nanti,  karena anda akan bergaul dengan para Taruna dari  berbagai negara, dan itu akan sangat bermanfaat di kemudian hari.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, sekali lagi Kapusdiklat Bahasa mengucapkan “Selamat dan Sukses” kepada para alumni yang telah menyelesaikan Kursus ini dengan baik. Dan berpesan, terkait dengan wabah COVID-19 atau Virus Corona, kepada para alumni berpesan untuk:

  • Menjaga kesehatan dir dan keluarga tetap berolahraga, mengkonsumsi makanan bernutrisi serta istirahat yang cukup.
  • Batasi kerumunan di tempat-tempat umum dan melakukan “sosial distancing”.
  • segera kunjungi dokter atau fasilitas kesehatan terdekat apabila merasakan gejala demam atau sakit lainnya.



Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia