Penutupsn KIBI ke-23 Dan KIB Arab ke-4 Bagi Pasukan Pemelihara Perdamaian PBB TA. 2020

Selasa, 31 Maret 2020

Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020. Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Brigjen TNI Yudhy Chandra Jaya, M.A. bertindak sebagai Inspektur upacara pada Penutupan Kursus Intensif Bahasa Inggris (KIBI) ke-23 dan Kursus Bahasa Arab (KIB) Arab ke-4 bagi Pasukan Pemelihara Perdamaian PBB TA. 2020, pukul 08.30 WIB di Aula Gedung H. Nastaf Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Jl. Jati No. 1 Pondok Labu Jakarta Selatan.

Kapusdiklat menjelaskan bahwa kemampuan berbahasa Inggris dan berbahasa Arab yang dikuasai para alumni saat ini  merupakan bekal awal untuk melaksanakan tugas sebagai personel Pasukan Pemelihara Perdamaian PBB, karena nanti pada saat para alumni melaksanakan penugasan akan lebih mendalami bahasa dan budaya secara mendalam, Para alumni akan menemukan kosakata dan aksen yang tidak ditemui dan dipelajari selama belajar di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan. Selain itu para alumni juga akan menjumpai adat istiadat yang berbeda dengan Indonesia.

Dalam pelaksanaan tugas nantinya para alumni akan berinteraksi dengan mitra kerja yang membutuhkan kemampuan berbahasa asing, terlebih misi yang diemban adalam misi kemanusiaan yang mengedepankan dialog untuk melaksanakan tugas pokok. Kapusdiklat Bahasa berharap agar para alumni mampu menjadi part of ssolutionsolution  bagi masyarakat setempat dan memberikan rasa nyaman bagi negara penugasan.

Sebagai duta negara, para alumni harus memiliki integrtitas dan komitmen yang kuat untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan negara. Bangunlah citra Indonesia sebagai negara yang bermartabat dan bersahabat sehingga layak mendapatkan kepercayaan bagi misi-misi PBB selanjutnya.

Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan juga meberikan ucapan selamat atas keberhasilan dan pencapaian yang telah dirain saai ini, dan pencapaian ini menjadi kebanggaan bagi para alumni. Beliau mengingatkan untuk tidak lupa meningkatkan kompetensi berbahasa dan memberikan contoh yang positif bagi lingkungan kerja kepada rekan-rekan sehingga mereka termotivasi untuk mengikuti jejak para alumni semua.

Sebelum mengakhiri sambutannya, terkait dengam wabahCOVIUD-19 atau virus Coroona, kepada para alumni Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan berpesan:

  • Menjaga kesehatan diri dan keluarga dengan  tetap berolahraga, mengkonsumsi makanan bernutrisi, serta istirahat yang cukup.
  • Batasi kerumunan di tempat-tempat umum dan melalukan “sosial distancing:.
  • Segera ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat apabila merasakan gejala demam atau sakit lainnya.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia