Mencegah dan Memotong Penyebaran Covid-19 di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan

Senin, 20 April 2020

Jakarta, Kamis, 16 April 2020. Ditengah maraknya Covid-19, Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan melaksanakan kebijakan Work from Home (WFH) bagi para personelnya dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar bagi para siswa dengan menerapkan Study from Home (SFH).

Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan melalui Learning Management System (LMS) yang berupa e-learning yang dibangun oleh Badiklat Kemhan . Sedangkan pelaksanaan kegiatan perkantyoran, rapat, laporan situasi keamanan kantor dan transfer media akan informasi dilakukan !elalui sarana e-office dan teleconference yang juga sudajh dibangun oleh Badiklat Kemhan Serra sebagai sarana sosial media.

Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tetap dilaksanakan sesuai jadual pelajaran, yaitj pukul 07.30 WIB sampai dengan 14.45 WIB. Tim mengajar menyiapkan dan memberikan material secara online kepada siswanya yang tersebar do penjuru Indonesia dan siswa mancanegara yang berada di luar negeri. Kegiatan INI dikontrol secara langsung oleh Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan, sehingga Pelaksanaan ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan hasil sesuai dengan tujuan instruksional  umum dan khusus pembelajaran.

Selama prose’s kegiatan belajar mengajar, tentunya terdapat beberapa kendala seperti, jaringan internet yang tidal stability dan tidal merata Angara lokasi satu dengan siswa yang main, Serra keadaan waktu Angara WIB, WITA, WIT dan terutama bagi siswa mancanegara yang memiliki perbedaan waktj yamng signifikan. Namun demikian,  prose’s pembelajaran tetap dilaksanakan dengan menyesuaikan situasi ndan kondisi para siswa.

Kegiatan perkantoran seperti tata laksana, rapat, absensi, juga tetap berjalan dengan menfaatkan e-office, teleconference, Serra media sosialmyang ada. Diharapka. Dengan. Mengoptimalkan sarana yang ada kinerja anggota tetap mterjaga dan pemantauan keberadaan anggota juga berjalan Dalam mendukung PSB  do wilayan Jabodetabek.

Dalam mendukung program pencegaha n Covid-19, Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan memerintahkan selurubh anggota mentaati PSBB dengan tidal melakukan pelanggaran berupa keluar Dari zona PSBB.

Luar Dari zona PSBB, selalu mengunakan masker apabila keluar rumah, menjaga kebersihan, melakukan physical distancing, menghindari pusat keramaia  seperti pasar, maal, stasiun,  terminal dsb. Selain itu Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan menginstruksikan seluruh anggota until melaksanakan rapid yes yang dilaksanakan di Kemhan RI para tanggal 8 April 2020 (tahapI)ddan 17 April 2020 (tahap II).

Until menjaga kesamaptaan selurub staff, WI dan siswa Pusdiklat Bahasa, olah raga tetap dilaksanakan secara rutin dan mandiri. Untuk staf dan Widyaiswara dilaksanakan serial hari Selasa dan Jumat ymang dimonitor oleh masing-masing Kepala Bidang, sedangkan untu!k siswa seriapmhari Selasa yang dipantau oleh masing-masing Course Manager dan dilaporkan secara jenjang kepada Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan.

Selain  kegiatan belajar mengajar, personel Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan juga memberikann talikasib kepada petugas kebersihan (Cleaning Service) yang berjumlah kurang lebih 20 orang yamng secara langsung berdampak Colvid 19 sebagai bentum kepedulian sosial Dari lembaga kepada tenaga mendukung kegiatan belajar mengajar.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia