UPACARA PEMBUKAAN BIMBINGAN TEKNIS PERTAHANAN NEGARA BIDANG KESEHATAN TA. 2020 DALAM RANGKA PERCEPATAN PENANGANAN COVID -19

Rabu, 22 April 2020

Jakarta, Selasa, 21 April 2020. Bertempat di Aula Gedung H. Nastaf Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Jalan Jati Nomor 1 Pondoklabu Jakarta Selatan Dirjen Pothan Kemhan Pembina Utama IV/e Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si. membuka secara resmi Bimbingan Teknis Komponen Pendukung Pertahanan Negara Bidang Kesehatan TA. 2020 Dalam Rangka Percepatan Covid -19. Kegiatan ini dihadiri oleh para Pejabat di lingkungan Kemhan dan undangan lainnya.

Dalam amanatnya Dirjen Pothan Kemhan menyampaikan apresiasi yang sertinggi-tingginya kepada para relawan yang telah dengan sukarela mendaftarkan diri demi bangsa dan negara untuk turut serta berpartisipasi membantu pemerintah mengatasi wabah virus Covid -19, mereka merupakan garda kedepan yang siap mengadapi semua resiko dilapangan, untuk itu harus disiapkan secara maksimal dalam pembekalan baik ilmu pengetahuan, fisik dan mental sehingga sudah siap untuk diterjunkan ke Rumah Sakit.

Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang pengelolaan Sumber Daya untuk Pertahanan Negara (PSDN) telah ditegaskan bahwa pengelolaan Sumber Daya nasional dugunakan untuk menghadapi ancaman yang salah satunya adalah wabah penyakit. Selanjutnya Undang-Undang PSDN dijabarkan dengan Keputusan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Depan Tugas Percepatan Penanganan Covid -19.

Dalam ikut serta mengatasi masalah tersebut Kementerian Pertahanan menyelenggarakan Bimtek Komduk Hanneg Bidang Kesehatan yang diikuti sebanyak 300 orang terdiri Dari 195 wanita dan 105 Pria, yang terdiri Dari berbagai disiplin ilmu Kesehatan diantanyanya: Dokter, Kesmas, Perawat, Ahli Gizi, Analis Kesehatan, Farmasi, Psykologi dan Radiologi. Bimtek dilaksanakan selama 14 hari dari tanggal 20 April s.d. 4 Mei 2020, yang sebelumnya para peserta melaksanakan Medical Check Up (MCU).

Para relawan Kesehatan selama mengikuti Bimtek akan dibekali beberapa material diantaranya Nilai-Nilai Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Pengetahuan Penanggulangan Bencana, Pengetahuan Hukum Perundangan-Undangan, Manajemen Klinis dan Sishankamrata. Diharapakan setelah melaksanakan kegiatan bimbingan teknis, para peserta relawan dapat melaksanakan tugas di Rumah Sakit Dr. Suyoto sebagai tenaga medis selama satu bulan dan masa karantina 14 hari.

Diakhir amanatnya Dirjen Pothan Kemhan memberikan penekanan kepada seluruh peserta agar mengikuti pelatihan dan menjalankan protocol penanganan pencegahan penyebaran virus Covid -19 dengan bail, Java Kesehatan, disipkin dan tetap semangat Serra tunjukkan dedikasi yang btinggi untuk ikut berbakti kepada bamgsa dan Negara.

Kegiatan upacara pembukaan Bimtek Komduk Bidang Kesehatan Dalam Rangka Percepatan Penaggulangan Covid -19 berjalan tertib, aman dan lancar.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia