ORIENTASI BUDAYA “BETAWI” SISWA KIBINA TA 2022

Kamis, 17 Maret 2022

 

Bahasa dan budaya merupakan sisi mata uang yang tidak terpisahkan, sehingga mempelajari Bahasa tidak bisa terlepas dari mempelajari budaya. Di tengah pandemi Covid-19 yan belum mereda, dengan penerapal protokol kesehatan yang sangat ketat, Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan, Brigjen TNI Ferry Trisnaputra, menginisiasi pelaksanaan orientasi budaya bagi siswa mancanegara dengan mengundang pelaku budaya di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan dengan tema “Budaya Betawi”.

 

Orientasi ini sebagai salah satu wujud untuk memperkenalkan ragam budaya Indonesia kepada peserta Kursus Intensif Bahasa Indonesia TA 2022. Hal ini dimaksudkan agar seluruh siswamancaegara yang belajaar di Indonesia sejak awal sudah diperkenalkan berbagai budaya dan kuliner khas Indonesia.

Dalam orientasi budaya tersebut diperkenalkan tari Nandak Ganjen dan tari Sirih Kuning yang dibawakan oleh penari dari Sanggar Bintang Pelangi. Selanjutnya diperkenalkan pula kuliner khas Betawi antara lain: Soto Betawi, kue cincin, dodol, kembang goyang, kerak telor, kue cubit dan minuman bir pletok serta dipaparkan  dan diputrakan pula film tentang budaya dan kuliner Betawi.

Orientasi budaya kali ini diikuti oleh siswa mancanegara Australia, Arab Saudi, Bangladesh, India, Malaysia, Pakistan, dan Singapura yang sedang mengikuti kursus Bahasa Indonesia sebagai bekal awal sebelum masuk Sesko TNI.

Dengan orientasi budaya ini, diharapkan agar siswa lebih mengenal keberagaman budaya dan kuliner Indonesia, serta dapat menambah pengalaman dan semangat dalam belajar Bahasa Indonesia.  Selamat belajar, dan semoga sukses.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia