Pembekalan Bela Negara untuk Siswa KIBI Aspenmil dan Asathan

Kamis, 31 Maret 2022

Jakarta, Rabu, 23 Maret 2022. Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan mengadakan kegiatan Pembekalan  Bela Negara untuk Siswa KIBI Aspenmil dan Asathan di Aula Gedung H. Nastaf Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Jalan Jati Nomor 1 Pondok Labu Jakarta Selatan.

Narasumber kegiatan ini adalah Kasubdis Lingdik Dit Bela Negara  Ditjen Pothan Kemhan, Kolonel (Mar) Rachmat Djunaidy. Dalam pararannya disampaikan bahwa meskipun Siswa KIBI Aspenmil dan Asathan merupakan siswa militer aktif namun tetap harus tetap dibekali Bela Negara agar memiliki kemampuan sebagai agen yang dapat menjelaskan kepada pihak-pihak yang berada di luar negeri agar tidak terjadi mispersepsi tentang nilai-nilai bela negara yang lebih luas dibanding dengan pengertian wajib militer.

Lebih jauh dijelaskan bahwa Bela Negara menrut UU No. 23 tahun 2019 mencakup Komponen Pendukung, Komponen Cadangan, Mobilisasi. Calon Aspenmil dan Asathan diharapkan setelah kegiatan ini mengetahui dan mampu memberikan tentang rencana Perpres tentang Kebijakan Pembinaan Kesadaran Bela Negara yang dimulai dari periode tahun 2020 hingga tahun 2044 untuk menuju terwujudnya SDM Unggul untuk Indonesia Emas 2045.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia