PEMBUKAAN DIKLAT KADER BELA NEGARA GABUNGAN GEL. II DAN BAGI CALON PEGAWAI ASISTEN MANAGER ANGK. 36 BANK INDONESIA TA. 2022

Rabu, 15 Juni 2022

Bogor. Senin, 6 Juni 2022. Kegiatan upacara pembukaan Diklat Kader Bela Negara Gabungan Gelombang II dan bagi Calon Pegawaia Asisten Manager (PCPM) Angkatan 36 Bank Indonesia TA. 2022.  Bertindak selaku Inspektur Upacara Kabadiklat Kemhan, Mayor Jenderal TNI Tandyo Budi R., S.Sos.

Dalam amanatnya Kabadiklat Kemhan, menyampaikan bahwa Bela Negara  sebagaimana yang diamanatkan UUD 1945, Pasal 27, ayat (3) bahwa “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”. Sedangkan  pengertian Bela Negara sesuai UUD Nomor 23 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN), adalah tekad, sikap, dan perilaku serta tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan dari berbagai ancaman.

Diklat Kader Negara merupakan Diklat yang diberikan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Bela Negara serta melatih Warga Negara Indonesia yang bekerja sebagai pegawai  dengan sikap  perilaku yang berkepribadia  Pancasila dengan semangat Nasionalisme dan Patriotisme yang tinggi melalui pengetahuan tentang Pengantar Bela Negara, Nilai Dasar Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Sistim Pertahanan Semesta, Sejarah Perjuangan Bangsa, Kepemimpinan Berwawasan Bela Negara, Kewaspadaan Dini, Bahaya Narkoba dan Penanggulangannya, Bahaya Terorisme dan Radikalisme serta Penaggulangannya, serta Keterampila  Dasar Bela Negara.

Sebelum mengakhiri sambutannya, saya mengucapkan terima kasih kepada Kapusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan serta semua pihak yang telah mendukung kegiatan Diklat Kader Bela Negara sehingga dapat berjalan dengan baik




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia