BPK Sampaikan Garis Besar Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Kemhan dan TNI TA 2011

Rabu, 16 Mei 2012

af6ff481862ba332392da07894afc26fJakarta, Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) , Rabu (16/5)   menyampaikan secara garis besar hasil dari pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan (LK) Kementerian Pertahanan dan TNI Tahun Anggaran  2011.  Garis besar hasil dari Pemeriksaan LK Kemhan dan TNI TA 2011 tersebut disampaikan oleh Auditor Utama Keuangan I BPK RI Gatot Supiartono pada acara Taklimat Akhir Pemeriksaan Laporan Keuangan Kemhan dan TNI TA 2011 di kantor Ditjen Perencanaan Pertahanan Kemhan, Jakarta.

Acara dihadiri Inspektur Jenderal (Irjen) Kemhan Laksdya TNI Sumartono, Dirjen Perencanaan Pertahanan Kemhan Marsdya TNI Sunaryo dan sejumlah pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemhan. Hadir pula  pejabat Irjen di jajaran Mabes TNI dan Angkatan.

Dalam kesempatan tersebut, Auditor Utama Keuangan I BPK RI tidak menyampaikan hasil temuan secara detail, namun hanya disampaikan garis besar beberapa temuan dari hasil pemeriksaan BPK atas  Laporan Keuangan Kemhan dan TNI TA 2011 yang telah dilakukan BPK selama kurang lebih dua bulan.

Selain menyampaikan temuan – temuan dari hasil pemeriksaannya, BPK juga memberikan beberapa rekomendasi yang perlu dilakukan oleh Kemhan dan TNI guna memperbaiki Laporan Keuangan pada tahun mendatang. Guna mengatasi hal – hal yang sangat prioritas yang mempengaruhi kewajaran laporan keuangan,  Auditor Utama Keuangan I BPK RI juga menyampaikan, BPK siap bekerjasama dengan Kemhan dalam rangka mencapai Laporan Keuangan Kemhan dan TNI yang lebih baik lagi.

Lebih lanjut Auditor Utama Keuangan I BPK RI  mengatakan, setelah acara Taklimat Akhir Pemeriksaan Laporan Keuangan Kemhan dan TNI TA 2011 yang merupakan tahapan keempat dari rangkaian pemeriksaan BPK ini, selanjutnya pada awal bulan Juni akan disampaikan Laporan Pemeriksaan Laporan Keuangan Kemhan dan TNI TA 2011.

Sementara itu, Irjen Kemhan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPK atas perhatian, bantuan serta bimbingan dari Tim BPK RI dalam bentuk temuan dan rekomendasi atas LK  Kemhan dan TNI TA 2011.

Menurut Irjen Kemhan,  temuan – temuan BPK tersebut telah dijawab dan diselesaikan seperti yang telah tercantum dalam LK Kemhan dan TNI Audit TA 2011.  Hal – hal yang menonjol diantaranya adalah  SIMAK BMN yang setiap tahun menjadi permasalahan dan telah menjadi perhatian pimpinan Kemhan dan TNI untuk diadakan perbaikan sistem dan laporan.

Menindaklajuti temuan dan rekomendasi yang telah disampaikan BPK RI atas pemeriksaan LK Kemhan dan TNI TA 2011, lebih lanjut Irjen berharap untuk dapat segera ditindaklanjuti sehingga kinerja organisasi dapat meningkat menuju ke opini BPK RI Wajar Tanpa Pengecualian.

“Saya harapkan kepada jajaran Kemhan dan TNI khususnya jajaran Itjen dan Keuangan kemudian para Ka Satker untuk segera menindaklanjuti hal – hal yang telah menjadi  penekanan dari pihak BPK, kita harus semakin tahun semakin baik dan jangan membuat kesalahan yang sama”, tambah Irjen Kemhan.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia