Kapuskom Publik Kemhan Menjadi Pembicara Pada Orasi Kebangsaan

Kamis, 19 Juli 2012

bbf2e37a8bc55a14c6d33b51688bb23aJakarta, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan (Kapuskom Publik Kemhan) RI Brigjen TNI Hartind Asrin, Sabtu (14/7), menjadi pembicara pada acara Orasi Kebangsaan dan Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sumenep, periode 2012 – 2013.

Pada Orasi Kebangsaan yang bertemakan “Multikulturisme Mempererat Negara Kesatuan Republik Indonesia”, Kapuskom Publik menyampaikan bahwa kemajemukan negara Indonesia merupakan investasi luar biasa. Beragamnya ras, agama, suku bangsa dan golongan atau multikulturisme, seharusnya menjadi kekayaan bangsa.

Bahkan dengan kemajemukan tersebut, lanjut Kapuskom Publik, dapat menjadi modal besar bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai ancaman yang mungkin saja muncul, baik berupa ancaman militer maupun nir militer.

Dalam menyikapi berbagai ancaman tersebut, kata Kapuskom Publik lebih jauh menjelaskan, setiap warga negara seyogyanya memiliki sikap kesadaran bela negara yang meliputi tekad, sikap dan tindakan warga negara yg dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI, berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Sedangkan kesadaran bela negara itu sendiri menurut Kapuskom Publik, mencakup aspek cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memilik kemampuan awal bela negara.

Orasi Kebangsaan yang diselenggarakan oleh HMI Cabang Sumenep selama satu hari itu, didasari atas keprihatinan para mahasiswa yang menilai situasi bangsa Indonesia yang plural dan multikultural, akhir-akhir ini telah dimanfaatkan sebagai pemicu menjamurnya konflik di berbagai tempat. Sehingga pelaksanaan kegiatan Orasi Kebangsaan ini, diharapkan dapat menjadi embrio dalam penanaman nilai-nilai kesatuan dalam dinamika sosial yang multi kultur.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia