Sekjen Kemhan : Guna Mendukung Tata Kelola Pemerintah Yang Baik Kemhan Melakukan Reformasi Birokrasi

Rabu, 25 Juli 2012

Jakarta, Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah guna mewujudkan tata kelola kepemerintahan yang baik Kementerian Pertahanan sebagai unsur pelaksana pemerintah bidang Pertahanan telah melaksanakan Reformasi Birokrasi dibeberapa aspek penting.

Demikian disampaikan  Sekretaris Jenderal  Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan) Marsdya TNI Eris Heryanto, Selasa Pagi (24/7) saat menjadi nara sumber dalam acara Talk Show “Sarapan Pagi” di Radio KBR 68H.

Talkshow yang disiarkan secara on air dari Sudio Mini Pusat Komuikasi Publik Kemhan ini merupakan kerjasama antara Kemhan bersama Radio KBR 68H dalam rangka memberikan informasi secara rutin kepada publik terkait kebijakan Pemerintah melalui Kemhan di bidang pertahanan negara.

Lebih lanjut Sekjen Kemhan, menjelaskan Reformasi di Kementerian Pertahanan mencakup tiga Aspek penting yaitu Kelembagaan (penataaan Organisasi), Ketatalaksanaan (manajemen) dan Penataan Sumber Daya Manusia (Pegawai Kemhan). Reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian Pertahanan juga dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2010 dan diharapkan akan selesai dilaksanakan tahun 2014.

Lebih lanjut dijelaskan Sekjen Kemhan  kebijakan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Kementerian Pertahanan dimulai dengan surat Perintah Menteri Pertahanan Nomor Sprin/512/XII/2009 tanggal 21 Desember 2009 tentang pembentukan Tim Reformasi Birokrasi Kementerian Pertahanan.

Adapun pencapaian keberhasilan reformasi birokrasi, menurut Sekjen meliputi birokrasi yang bersih dan bebas dari kolusi, korupsi dan nepotisme. Disamping itu adanya peningkatan kualitas pelayanan kepada publik, sehingga partisipasi publik terhadap pembangunan dan pengembangan di Kementerian Pertahanan meningkat dan perbaikan sistem melalui peningkatan kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi, diarahkan pada efektifitas dan efisiensi kinerja diantaranya ditujukan untuk perampingan pegawai.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia