Kemhan dan Kemendikbud Tandatangani Perjanjian Kerjasama Tentang Latihan Bela Negara Bagi Mahasiswa

Rabu, 1 Agustus 2012

0ce289e7e2d726c67e06f94e880d0a1dJakarta, Kementerian Pertahanan melalui Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Ditjen Pothan) bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) tentang Latihan Bela Negara Bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi sebagai Komponen Pendukung Pertahanan Negara.
Perjanjian Kerjasama tersebut ditandatangani oleh Dirjen Pothan Kemhan Dr. Ir.Pos M. Hutabarat, M.Sc., MA., Ph.D, bersama Dirjen Dikti Kemendikbud Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, Selasa (31/7) di Gedung Dikti, Kemendikbud, Jakarta. Penandatangan ini disaksikan oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh serta sejumlah pejabat di lingkungan Kemhan dan Kemendikbud.

Menhan dalam sambutannya mengatakan, pendandatanganan perjanjian kerjasama ini dilakukan dalam rangka melaksanakan amanah dari Konstitusi yaitu bahwa setiap warga negara itu hukumnya berhak dan wajib untuk melakukan pembelaan negara.

Dengan penandatanganan perjanjian kerjasama ini, diharapkan nantinya akan lebih mengokohkan lagi di dalam memberikan dasar – dasar bela negara kepada generasi muda khususnya Mahasiswa.

Menurut Menhan, di era reformasi dan globalisasi saat ini, penanaman bela negara menjadi sangat penting. Seperti juga yang dilakukan oleh Kemendikbud dalam rangka “National and Character Building”, bagaimana mencintai bangsa dan negara, bagaimana mencintai tempat dimana dilahirkan, yang diwujudkan dengan proses pendidikan.

Bela negara merupakan salah satu porsi dari lingkup dan tugas Kemhan di dalam pembinaan kekuatan nir militer. Dalam pembinaan kekuatan nir militer ini, ada istilah komponen cadangan dan komponen pendukung. Mahasiswa adalah termasuk bagian dari komponen pendukung.

Untuk itulah dalam rangka penanaman bela negara di kalangan Mahasiswa, kedepan diharapkan Dirjen Pothan Kemhan yang tugasnya melakukan pembinaan nir militer dan Ditjen Dikti Kemendikbud yang membawahi para Perguruan Tinggi untuk dapat saling bekerjasama dengan baik.

Sementara itu, Mendikbud  menyambut baik atas penandatanganan perjanjian kerjasama ini, yang menurutnya sangat penting karena penanaman bela negara terutama kepada para Mahasiswa juga merupakan bagian dari pendidikan karakter.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia